by

Cegah Isu, Kemenkumham Maluku Diberi Penguatan

Ambon BKA- Jelang akhir tahun 2020, marak isu-isu aktual yang berkembang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Inspektur Wilayah II Kementerian Hukum dan HAM RI, Ikon Siregar kunjungan kerja ke Kemenkuham Maluku untuk berikan penguatan ke seluruh Satker jajaran Kemenkumham Maluku, Rabu (4/11).

Kunjungan kerja yang berlangsung di aula kantor wilayah itu, dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka dan didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, M. Yadi Firdaus.

Hadir dalam giat tersebut, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) se-Kota Ambon dan perwakilan pegawai dari Divisi Pemasyarakatan yang mengikuti secara langsung, serta para Kasatker diluar Ambon yang mengikuti secara virtual via aplikasi Zoom.

Lewat rilis Humas Kemenkumham Maluku, Ikon menyampaikan isu-isu aktual yang sedang berkembang. Mulai dari penyebaran Covid-19, dimana seluruh satker diminta untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Mulai dengan penerapan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selanjutnya, isu jelang Pilkada serentak 2020 yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020 di empat kabupaten di Maluku. Ikon berharapm seluruh satker khususnya pemasyarakatan dapat mempersiapkan diri dengan baik. Melihat para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang juga punya hak dalam memilih.

Termasuk persoalan pengendaran narkoba. Dimana para jajarannya diminta waspada dan ekstra hati-hati.

“Jelang Desember akhir tahun, saya ingatkan kepada seluruh satker untuk lebih waspada dan ekstra hati-hati melihat kemungkinan pengedaran ataupun pesta narkoba yang dapat dilakukan oleh para WBP,” pesannya.

Terkait Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Ikon meminta agar seluruh satker dapat saling mendukung dan bekerjasama untuk memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya kepada masyarakat dengan menerapkan 3S (senyum, sapa, salam).

“Peran penting ada pada satuan kerja masing-masing. Mulai dari Kasatker hingga jajarannya, harus saling mengingatkan setiap saat. Ayo kita dukung, bersama kita bisa raih predikat WBK/WBBM ini,” pintanya.

Diakhir arahannya, Ikon juga meminta perhatian seluruh satker, terkait serapan anggaran. Mengingat batas akhir adalah 14 Desember, Ikon meminta kepada Kasatker untuk segera memproses pelaksanaan penyerapan anggaran.

“Seluruh kegiatan mulai dari awal Januari hingga akhir tahun juga, agar ditata dengan baik pelaporan dan dokumentasinya. Sehingga pada tahun 2021, audit dapat dilakukan dengan baik,” harap dia. (LAM)

Comment