by

Cegah Kluster Baru di PSBB Transisi XIII

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tetap mengantisipasi kluster baru di tengah penerapan PSBB Transisi tahap XIII yang sementara berlangsung hingga dua minggu kedepan.

Untuk diketahui, PSBB transisi XIII ini, sudah mulai diberlakukan Pemerintah Kota Ambon pada Senin (11/1) kemarin, dengan alasan Ambon masih berada pada zona orange. Sementara PSBB transisi tahap XII sudah berakhir pada minggu (10/1) kemarin.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menilai, salah satu cara untuk mencegah timbulnya kluster-kluster baru, diantaranya dalam sebuah pesta dan acara duka. Karena acara seperti ini, pasti melibatkan banyak orang.

“Kita akan antisipasi klaster baru. Misalnya yang dapat ditimbulkan dari kegiatan pesta-pesta, dan acara duka. Kalau acara duka ini kan, kita tidak bisa larang. Hanya nanti dihimbau untuk memakai masker saat melayat,” terangnya kepada wartawan, Senin (11/1).

Walikota dua periode ini mengatakan, ke depan pihaknya akan memaksimalkan fungsi pengawasan Satgas Covid-19 pada pintu-pintu masuk menuju Kota Ambon.

“Seperti di pelabuhan dan bandara, nanti kita akan perketat pengawasan. Semua yang kita lakukan saat ini memiliki satu tujuan, yakni terbebas dari Covid-19. Makanya kami butuh kerjasama semua pihak,” ungkap dia.

Mantan anggota DPRD Maluku ini menyebutkan, penerapan PSBB transisi akan berjalan secara otomatis, jika kota Ambon masih tetap berada dalam zona orange.

“Perpanjang terus. Lihat saja sekarang, kita masih tetap berada pada zona orange. Itu artinya harus diperpanjang. Agar upaya dalam memutus mata rantai penyebaran corona, bisa lebih maksimal,” jelasnya.

Ia mengaku, penegakkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di tengah PSBB transisi XIII, masih memakai aturan yang sama pada PSBB transisi sebelumnya.

“Sanksinya masih tetap sama. Namun, kali ini Pemerintah Kota melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, akan lebih memaksimalkan Operasi Yustisi. Agar penerapan protokol kesehatan bisa diterapkan dengan baik,” harapnya. (IAN)

Comment