by

Cegah Longsor, Warga Minta Bangun Talud

Antisipasi bencana di saat musim penghujan, warga RT.03/RW.02 Kelurahan Waihoka, Kecamatan Sirimau, meminta Pemerintah Kota Ambon untuk membangun talud penahan tanah. Pasalnya, banyak rumah warga yang barada di daerah ketinggian terancam longsor.

Ini disampaikan anggota DPRD Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikyuluw saat menjaring aspirasi lewat kegiatan reses masa sidang III tahun sidang 2020-2021 di kawasan tersebut, baru baru ini.

Menurutnya, wilayah Kelurahan Waihoka berada di daerah ketinggian, dimana warga menginginkan agar dibangunnya talud penahan tanah untuk mencegah terjadinya longsor saat hujan.

“Dengan kondisi mucim penghujan belakangan ini, memang banyak warga yang meminta perhatian pemerintah. Salah satunya di Kelurahan Waihoka, dimana mereka inginkan agar ada pembangunan talud penahan tanah untuk cegah longsor. Dan selaku wakil rakyat, aspirasi ini akan kita tindaklanjuti di DPRD, sebagai hasil reses kita di masa sidang ini,” tutur Lucky, saat menghubungi koran ini, Senin (24/5).

Politisi PDIP ini menyebutkan, selain persoalan talud, warga sekitar juga menginginkan adanya pembangunan jalan setapak dan lampu penerangan jalan.
“Ini yang akan menjadi perhatian kita. Karena bukan saja talud, tapi juga ada keluhan lain yang disampaikan warga. Mulai dari jalan setapak dan lampu penerangan jalan. Maka setelah ini, akan kita koordinasikan dengan dinas terkait dan juga pihak lurah sendiri, terkait permintaan masyarakat di Waihoka. Mereka sangat berharap, karena seluruh sarana dan prasarana itu bisa mempermudah aktivitas keseharian mereka,” sebutnya.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Ambon ini menambahkan, dari reses yang dilakukan di sejumlah titik sesuai daerah pemilihan (Dapil) Sirimau I, sebagian besar warga menginginkan agar segera dilakukan pemilihan RT/RW yang baru. Salah satunya di RT.03/RW.02, Kelurahan Waihoka.

“Warga juga inginkan agar segera dilakukan pemilihan RT dan RW yang baru. Maka setelah laporan reses kami sampaikan ke pimpinan, maka ini juga akan menjadi perhatian Fraksi PDIP, untuk nantinya berkoordinasi dengan dinas terkait lewat komisi yang berwenang,” tukasnya.

Dijelaskan, seluruh aspirasi yang disampaikan warga saat reses tersebut, akan menjadi perhatian serius fraksi PDIP di DPRD. Agar dapat didorong ke Pemerntah Kota Ambon untuk direalisasikan dalam tahun ini.
“Hasil reses ini akan kita kawal dan akan disampaikan ke pemerintah lewat dinas terkait. Kita akan dorong. Kalau bisa, kita akan usulkan nanti di APBD Perubahan tahun ini. Kami harap kedepan, seluruh aspirasi masyarakat ini bisa terealisasi,” harap Lucky. (UPE)

Comment