by

Corona Hambat Revitalisasi Benteng Victoria

AMBON-BKA, Akibat masih merebaknya Covid-19 di seluruh Indonesia, membuat proses pengkajian revitalisasi Benteng Victoria di Kota Ambon tak kunjung selesai. Hingga kemarin, rencana revitalisasi ini masih tahap pengkajian oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala Bappeda-Litbang Kota Ambon, Enricho Matitaputty, kepada awak media, Jumat (30/7) mengaku, pihaknya sudah menyusun rencana untuk bertemu dengan Ditjen Kemendikbud. Hanya saja, rencana tersebut terhambat pandemi Covid-19 yang dinilai belum kondusif.

Baca: Nakes Ambon Akan Disuntik Vaksin Moderna

Mantan Kepala Dinas PUPR Kota Ambon ini mengatakan, akibat dari itu, upaya percepatan revitalisasi Benteng Victoria harus ditangguhkan. “Iya sementara masih ditangguhkan dulu, sambil menunggu kondisi Covid-19 membaik. Tapi yang pasti kita sudah ada di titik kajian,” sebutnya.

Tambah dia, terkait prosedur pentahapan revitalisasi tersebut, setelah proses pengkajian di pemerintah pusat berakhir. Sehingga akan diambil langkah kongkrit. “Dari kajian itu, akan menghasilkan langkah-langkah kongkrit yang akan dikerjakan, termasuk penlok,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Enricho mengaku, Pemkot Ambon sudah memproses pemugaran Benteng Victoria, dengan melakukan kajian dengan pemerintah pusat.

“Lagi buat kajian dengan Ditjen Kementerian Kebudayaan, karena memang dasar dari semua proses pembebasan lahan, kemudian revitalisasi itu mesti ada kajian,” tuturnya.

Baca: Dibawah 17 Tahun Tak Perlu Kartu Vaksin

Menurut Enricho, Pemkot Ambon telah difasilitasi terkait dengan proses pengkajian oleh tim teknis dari Kemendikbud. “Sambil menunggu proses jalan baru kita jalan. Untuk proses pentahapan ya, pertama kedua sudah jalan. Dimana permintaan dukungan telah kami lakukan,” pungkasnya.

Setelah proses pengkajian selesai, tambah dia, pihaknya akan mensosialisasikam hasilnya kepada pemilik lahan. “Kajian ada dulu, baru kita berproses yang lain,” tutupnya. (IAN)

Comment