by

Covid-19 Tunda Festival Jalan Baru

Ambon, BKA- Festifal Jalan Baru yang biasanya dilakukan setiap tahun oleh warga Jalan Baru, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota ambon, untuk memperingati Hari ulang tahun Provinsi Maluku, tertunda akibat adanya pandemi Covid-19.

Hal ini dikarenakan, peraturan pemerintah untuk tidak mengadakan acara yang melibatkan banyak orang. Sebelumnya Festival jalan baru selalu diadakan dengan meriah, bahkan Wali Kota Ambon, juga sempat mengambil bagian bahkan memberikan penghargaan sebagai kampung kreatif
Dulunya Jalan Baru merupakan salah satu tempat kumuh yang berada di Kelurahan Honipopu, namun kemudian dengan kreatifitas masyarakat setempat mampu menyulapnya menjadi salah-satu tempat swa foto bagi masyarakat Kota Ambon

“Dulu itu merupakan salah-satu tempat kumuh yang berada di Kelurahan Honipopu, namun dengan kreatifitas yang dimiliki masyarakat setempat, mereka mampu mengubahnya menjadi tempat yang indah, tempat swa foto, sampai-sampai Wali Kota Ambon juga sempat memberikan penghargaan bagi Jalan Baru, karena menjadi salah-satu kampung yang kreatif,” jelas Imelda selaku Kepala Kelurahan Honipopu.

Diakuinya, setalah adanya festival jalan baru, hampir disetiap lorong-lorong di Desa masyarakat setempat mengkreasikannya sebaik mungkin, karena terinspirasi dari festival jalan baru.
“2018 pertama kali diadakannya festival jalan baru. Beirkutnya 2019 kemarin juga kita buat festivalnya, dan memang setiap tahun sudah disepakti untuk melakukan festival tersebut. Namun berhubung tahun 2020 ini hampir seluruh dunia sedang dilanda pandemi covid-19, khususnya Kota Ambon, untuk itu kita tidak dapat melakukan festival tersebut. Dilihat virus inikan sangat mematikan jadi kita hatus mengikuti protokol kesehatan dan menghindari kerumunan,” tambahnya. (MG-2)

Comment