by

CPNS Kemenkumham Ikut Masa Orientasi

Ambon, BKA- Sebanyak 10 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) penempatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku formasi tahun anggaran 2019, mulai mengikuti masa orientasi. Orientasi ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, memberikan materi terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kemenkumham pada kegiatan tersebut. Menurutnya, proses orientasi harus diikuti dengan baik sehingga CPNS dapat mengetahui secara menyeluruh terkait tupoksi Kemenkumham.

Andi juga menyebutkan, bahwa menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus pintar dan professional. Yakni sebagai ASN harus mampu menunjukkan kualias SDM unggul seperti yang diharapkan pemreintah.
“Ini menjadi penting, karena ASN dengan peran, profesi dan jabatan apapun harus siap menjadi abdi negara dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu juga, berbagai latar belakang pendidikan dari tiap ASN juga diharapkan dapat menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan organiasasi,” pesan Andi, lewta rilisnya kepada koran ini, Rabu (6/1).

Dikatakan, melalui masa orientasi tersebut, CPNS diharapkan dapat menjadi wadah untuk menciptakan harmoni dalam pelaksanaan kerja. Kemudian mengenali lingkungan kerja sehingga mudah beradaptasi, memahami budaya organisasi, memiliki pola pikir yang sejalan dengan visi dan misi Kementerian, memiliki rasa kebersamaan dan memudahkan sosialisasi.

Kesempatan yang sama, Kepala Divisi Administrasi, Agung Rektono Seto juga memberikan paparan terkait hak dan kewajiban ASN.
Agung menilai, sebagai ASN harus melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran rasa tanggung jawab. Dengan menunjukan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan dan tindakan terhadap sesama baik didalam, maupun diluar kedinasan.
“Selain itu juga harus menyimpan rahasia jabatan serta bersedia ditempatkan diseluruh wilayah,” tutupnya (LAM)

Comment