by

CPNS Lapas Ambon Diminta Efektif

beritakotaambon.com – Memasuki tahapan penyusunan rancangan aktualisasi, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon dimintakan membuat rancangan aktualisasi se-efesien dan efektik mungkin.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri, lewat rilisnya kepada media ini, Sabtu (11/9).

Menurutnya, para CPNS harus bisa menyusun dan memilih kegiatan dalam penyusunan yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing masing. “Rancangan yang disusun harus efektif dan efesien serta sesuai dengan tupoksi masing-masing. Efektif dilihat dari kegunaannya dan efesien dilihat dari waktu dan biaya yang dikeluarkan. Untuk itu, lakukan konsultasi dan koordinasi dengan masing-masing mentor dan coach,” pesan Saiful.

Mantan Kalapas Piru ini menilai, penyusunan rancangan aktualisasi harus dimulai dengan menemukan isu isu yang ada. Isu yang ditemukan kemudian dinilai seberapa besar nilai urgensi, yang kemudian diambil sebagai judul dalam rancangan aktualisasi.

Sementara itu, salah satu peserta, Octovianus Tuhumena mengatakan, mereka telah menyiapkan sejumlah isu yang nantinya akan diambil sebagai rancangan aktualisasi. “Sejumlah isu dan inovasi telah kami siapkan yang tentunya dapa menunjang kinerja organisasi. Untuk itu, melalui pertemuan sebelumnya kami menyampaikan sejumlah isu tersebut untuk dapat disetujui,” terangnya

Sekedar tahu, sebelumnya 5 CPNS Lapas Ambon telah lebih dulu mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar CPNS dan telah seminarkan hasil aktualisasi, yang didampingi mentor didepan coach dan penguji secara virtual. (MG-2)

Comment