by

DAK 2021, Ada Tambahan Rehab Rumah Ibadah dan Ruang UKS

Bantuan Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan tahun 2021 yang dilakokasikan Pemerintah Pusat, akan difokuskan pada pembangunan gedung perpustakaan sekolah, laboratorium, gedung sekolah, termasuk didalamnya ada tambahan pembangunan rehabilitasi rumah ibadah di lingkungan sekolah maupun ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Kepala Bidang Pendidikan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Sirhan Pelu, mengungkapkan, diakomodirnya rehabilitasi rumah ibadah di lingkungan sekolah dan ruang UKS pada bantuan DAK tahun ini, sejalan dengan dengan program Pemerintah Pusat, yaitu, program penuntasan. Yakni, sekolah-sekolah yang masih kekurangan Sarpras akan dipenuhi ditahun ini.

Jika semua kebutuhan sudah terpenuhi, maka sekolah-sekolah itu tidak akan mendapatkan bantuan selama lima tahun kedepan, karena dianggap tuntas. “Jadi dalam bantuan DAK tahun ini, metodenya berbeda, yakni, penuntasan,” ungkap Sirhan, Kamis(7/1).

Dijelaskan, penambahan rehabiltasi rumah ibadah itu bagian dari upaya menciptakan karakter siswa. Sebab ditahun ini pula sudah diterapkan asesmen nasional, sebagai pengganti ujian nasional, yang salah satu komponennya terkait dengan survey karakter.

“Olehnya, kita mau lihat karakter siswa itu seperti apa. Apakah siswa punya jiwa Ketuhanan Yang Maha Esa atau tidak. Kalau itu ada, berarti simbolnya pada peningkatan ibadah,” jelasnya.

Selain itu, pembangunan ruang UKS permanen juga untuk menunjang pelayanan kesehatan maksimal kepada siswa di sekolah. Sebab ada ruang-ruang tertentu, misalnya ruang guru atau gudang, disekat untuk dijadikan ruang UKS. Ini tentu tidak bisa maksimal. Sehingga oleh Direktorat, dalam hal ini Subdit Sarpras mengambil kebijakan, agar ruang UKS itu dibangun agar pelayanan dan perkas UKS lebih maksimal dan tidak lagi gabung dengan ruangan lain,” tutup Sirhan.(RHM)

Comment