by

Dalih Jemput Barang, MJ Diciduk SatNarkoba

TIAKUR-BKA, Berdalih menjemput barang di kapal cepat Cantika Lestari 77 B, MJ (20), salah satu pemuda Desa Lelang yang berdomisili di Kecamatan Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), diciduk Satuan Narkoba Polres MBD, Jumat 16 Juli pekan lalu.

Sesuai rilis yang diterima koran ini, Rabu (21/7), Kapolres MBD, AKBP Dwi Bachtiar Rivai mengatakan, proses penangkapan MJ dipimpin langsung kasat ResNarkoba, Iptu Richard A. Bana beserta anak buahnya di Pelabuhan Kaiwatu.

“SatNarkoba berhasil meringkus MJ berdasarkam informasi yang diterima dari masyarakat. Bahwa ada pengiriman paket narkoba dari Ambon ke Tiakur di kapal cepat Cantika Lestari 77 B, yang ditujukan ke MJ. Atas dasar itulah, SatNarkoba bergerak cepat dan melakukan eksekusi tangkap tangan ketika paket yang dimaksud itu diterima MJ,” ungkap Kapolres.

Dikatakan, pada Jumat 16 Juli pekan lalu, sekitar pukul 06.30 WIT, personil Sat Resnarkoba telah melakukan pemantauan dan pengamatan di sekitar areal pelabuhan. Kemudian sekitar pukul 08.30 WIT, terlihat tersangka MJ telah mengantongi paket tersebut. Kemudian MJ kemudian ditangkap tepat di samping kantor Syahbandar Pelabuhan Kaiwatu.

“Saat ditangkap, MJ tidak melakukan perlawanan. Setelah dilakukan pengeladahan, personil SatNarkoba menemukan tiga paket narkoba jenis ganja dalam plastik putih, yang dibungkus di dalam handuk dan dipaket rapih menggunakan karton,” bebernya.

Lanjut Kapolres, MJ kemudian digelandang ke mapolres MBD, guna menjalani proses pemeriksaan lanjutan. Dalam pemeriksaan, MJ mengaku barang tersebut dipesan olehnya dari salah satu rekannya (OM) di Kota Ambon.

“Karena itu Satnarkoba kemudian mengamankan handphone milik MJ, sebagai bukti untuk dilakukan pengembangan kasus terhadap OM,” sebutnya.

Kapolres menegaskan, persoalan narkoba akan menjadi salah satu prioritas utama Polres MBD. Hal itu demi menyelamatkan generasi muda di Kabupaten MBD, sebagai tulang punggung bangsa. Karena itu diharapkan, masyarakat dapat berperan aktif untuk bersama-sama aparat dalam pemberantasan narkoba.

“SatNarkoba saat ini telah bekerja optimal dalam memberantas peredaran narkoba di MBD. Akan tetapi kita juga membutuhkam kerjasama masyarakat dalam memberikan informasi,” imbuhnya.

Sekedar tahu, adapun barang bukti yang berhasil dimanakan dalam pengungkapan kasus tersebut. Diantaranya tiga plastik bening dengan ukuran kecil berisi narkotika jenis ganja, satu buah handphone merek Samsung tipe J2Pro, satu buah handuk berwarna merah muda, satu buah karton kecil berwarna coklat.
Sehingga tersangka JM dijerat dengan Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 127 Ayat (1) huruf (a) Undang – undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dan Denda Rp. 800.000.000. (GEM)

Comment