by

Dam Way Ela Kembali Meluap

Volume air Dam Way Ela, Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (11/7) malam, meluap.

Luapan air akibat hujan lebat itu tidak diperkirakan warga yang bermukim disekitar sungai. Sehingga luapan air yang terus berlangsung hingga Senin (12/7), masih terus meluap dan membanjiri sebagian pemukiman warga.

Bahkan salah satu rumah warga, hancur terseret derasnya air luapan itu, serta merusak beberapa rumah warga lainnya.

Salah satu Anggota Tagana Provinsi Maluku, Abdillah Mahulauw, yang juga warga Negeri Lima, mengungkapkan, luasnya wilayah yang dilalui luapan air dari Dam Way Ela, di luar perkiraan masyarakat Negeri Lima.

“Wilayah yang dialiri air dan debit air itu di luar perkiraan, bahkan wilayah yang kami pikir tidak mungkin di jangkau, malah bisa terendam air,” kata Mahulauw.

Menurut Mahulauw, hingga saat ini, aliran air yang dilalui luapan Dam Way Ela saat meluap, belum diketahui batas zona merahnya. Hal itu juga yang membuat pembangunan talud belum dilakukan secara permanen, karena masih dalam pantauan beberapa tahun ini.

“Air ini meluap karena perlindungan yang di buat bersifat sementara. Seharusnya talud sudah harus di buat, tapi area jangkauan air belum diketahui dengan pasti, maka pembatas air masih bersifat sementara,” lanjutnya.

Selain itu, dia menginformasikan, derasnya aliran air Dam Way Ela, Minggu malam, 1 rumah rusak total, dan 8 rumah terdampak.

“Jadi derasnya aliran air menyebabkan1 rumah rusak total, dan 8 rumah terdampak,” pungkasnya.(MG-2)

Comment