by

Dana BOS Dicairkan ke Rekening Sekolah

Ambon, BKA- Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ambon, Merry Mairuhu menegaskan, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap III tahun 2020, telah dicairkan Pemerintah Pusat lewat Kemenkeu. Dana BOS ini tidak lewat Dinas Pendidikan, tapi langsung di transfer ke masing-masing rekening sekolah.

“Sekarang dari kementerian sendiri telah melakukan penyaluran dan pencairan tahap ketiga,” ungkap Merry, ketika dikonfirmasi wartawan via telepon, Kamis (3/12).
Menurutnya, ketika pencairan Dana BOS tersebut, Dinas Pendidikan juga tidak diberitahukan. Selain pihaknya mencari informasi lewat internet.

“Jadi dana BOS sudah dikirim dari Kemenkeu. Namun Dinas Pendidikan tidak pernah di beritahukan. Informasinya hanya bisa kita ketahui melalui Surat Keterangan yang di download dari pusat,” bebernya.

Dia memastikan, seluruh sekolah di Kota Ambon, sudah mengantongi SK tersebut. Akan tetapi, nilai Dana BOS tahap III ini, belum diketahui.

“Kalau soal pencairan itu ada pada pihak sekolah. Karena pencairan itu langsung dari Kementerian ke sekolah, sehingga prosesnya tidak lagi dipantau oleh dinas,” ujarnya.

Disinggung berapa banyak sekolah yang telah menerima dana BOS, Merry mengaku, sebanyak 192 tingkat Sekolah Dasar (SD). Sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya 50. Dan yang belum menerima dana BOS tahap II dan III hanya SMP Negeri 6 Ambon.

“Semua sekolah sudah di cairkan dana BOS sesuai dengan SK yang diterima. Untuk SMPN 6 Kota Ambon, tahap dua dan tiga akan dicairkan sekaligus,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment