by

Dana Desa Jadi Roda Pembangunan Ekonomi Desa

Ambon, BKA- Faktor penting lainnya dalam stimulus yang mampu mengubah dan memperlancar roda pembangunan ekonomi desa adalah keberadaan dan pemanfaatan dana desa.

N.A La Saleman kepala Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, mengatakan program desa akan berjalan sesuai target waktu apabila didukung oleh dana desa yang memperlancar segala prosesnya.

“Program desa akan berjalan sesuai target waktu dan sesuai harapan apabila didukung oleh dana desa yang yang akan memperlancar segala proses pembangunan di desa,” katanya.

Ia juga menjelaskan sedikit terkait dana desa. ” dana desa adalah sejumlah anggaran dana yang diberikan kepada desa dari pemerintah. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan sumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, tujuan daripada dana desa yang diberikan pemerintah ialah, membantu menyelesaikan masalah ekonomi di desa, membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, membangun SDM di desa, membangun infrastruktur dan layanan fasilitas publik.

” manfaat dari tujuan dana desa tersebut ialah, untuk pengentasan kemiskinan, dan untuk pemerataan pembangunan,” terangnya (MG-2)

Comment