by

Dana Gempa 2019 Dicairkan

Ambon, BKA- Setelah beberapa kali didesak DPRD Kota Ambon, akhirnya Pemerintah Kota Ambon mencairkan bantuan dana gempa tahun 2019 kepada warga yang terkenda dampak bencana alam tersebut.

Meski pencairan belum 100 persen, Pemkot akan berupaya merealisasikan apa yang telah menjadi harapan dari para korban bencana tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmi Paais mengaku, alasan pihaknya belum mencairkan dana gempa secara menyeluruh, lantaran sebagian korban gempa belum memenuhi persyaratan yang ditentukan.

“Korban gempa bumi 2019 itu tergantung dari kerusakan. Ada yang ringan, sedang, dan berat. Belum seluruhnya kita cairkan,” jelasnya, kepada wartawan, di Balai Kota, Senin (23/11).

Mantan Kasatpol PP Kota Ambon ini mengaku, pihaknya sementara masih melakukan pencarian dana gempa kepada puluhan Kepala Keluarga (KK) yang tergabung dalam kelompok penerima bantuan.

“Sekitar 76 KK yang sudah dibangun secara mandiri. Dan sementara ini tim melakukan verifikasi di lapangan, hasil verifikasi ini disampaikan kepada kami agar mendapat rekomendasi,” ujarnya.

Menurut dia, jika pihaknya telah merekomendasikan verifikasi data tersebut, maka dana gempa langsung dicairkan. Namun, dana gempa kepada korban, akan diberikan secara variasi.

“Jadi jumlah dana diberikan variasi sesuai dengan tingkat kerusakan oleh korban,” sebutnya.

Dia menyebutkan, dana gempa yang dicairkan, bukan saja kepada korban gempa bumi tahun 2019. Tetapi, juga kepada ratusan KK korban gempa bumi tahun 2012 dan 2013 silam.

“Korban gempa tahun 2012 dan 2013 yang telah kita cairkan dalam bulan ini, ada sekitar seratus KK sesuai anggaran sebesar dua miliar di transfer langsung ke rekening masing-masing,” pungkasnya.

Bukan itu saja, Demi menambahkan, seluruh dana gempa, akan dicairkan ke rekening masing-masing korban bencana alam tersebut.

“Jadi perlu kami tegaskan bahwa dana-dana gempa itu dicairkan langsung ke rekening para korban masing-masing,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment