by

Dana Gempa 54 KPB Cair

Ambon, BKA- Dari 119 pembentukan Kelompok Penerima Bantuan (KPB), 54 KPB diantarnya telah dicairkan dana gempa 2019 tahap I. Sehingga rehabilitasi rumah sudah dilakukan. Ini disebutkan Sekretaris BPBD Kota Ambon, Eva Tuhumury, saat dikonfirmasi koran ini, Senin (21/12).

“Baru 54 yang sudah melakukan proses pencairan tahap I. Dan itu langsung pekerjaan fisik dilaksanakan kalau sudah 40 persen pencairan, titik di lapangan diserahkan untuk melakukan permintaan tahap II,” ujar Eva.

Sesuai laporan, sambung dia, rehabilitasi rumah dampak gempa, ada yang sudah mencapai 30 persen. Bahkan ada yang sudah selesai. Tetapi, mereka belum memberikan permintaan tahap kedua. Alasannya, menunggu semua rumah direhabilitasi dengan dana gempa tahap I.

“Ada yang sudah 30 persen. Dan ada juga yang rumahnya sudah selesai, tapi mereka tunggu teman-teman yang lain lalu melakukan permintaan selanjutnya. Teman-teman di kelompok. Mereka kejar untuk cepat selesai, sehingga bisa minta tahap I dan tahap III,” tandasnya.

Dia mengaku, terkait dengan pelaporan progres kerja per KPB, dilakukan setiap Jumat. “Jadi nanti laporan progresnya setiap hari Jumat,” sebutnya.

Disinggung terkait Kepala Keluarga (KK) yang telah membangun mandiri, Eva mengaku, telah dicairkan pada tiga 3 KK yang berada pada dua lokasi. “Tiga yang sudah dilakukan pencairan yaitu di Passo satu dan Urimessin dua,” bebernya.

Ditambahkan, bagi warga yang merasa dana gempanya diperhambat BPBD, itu karena pihaknya masih melakukan teknis kerja. Agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang fatal ketika melakukan pencarian dana, guna menganti kerugian pembangunan.

“Pencairan terhambat, dikarenakan teman-teman masih turun melakukan penilaian. Bukan seperti verifikasi, tapi mereka menghitung kembali jangan sampai ada yang salah. Jadi, mereka bisa menghitungnya satu per satu, ada agak lama seperti itu,” kuncinya. (BKA-1)

Comment