by

Dana Gempa Tahap II Tunggu Teken Walikota

Ambon, BKA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, telah memverifikasi bantuan dana tahap II kepada korban gempa bumi 2019 lalu. Namun anggaran tersebut belum dapat dicairkan, karena data BPBD belum diteken Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Bantuan dana gempa tahap kedua ini sudah verifikasi dan tinggal tunggu pa walikota teken atau membuat surat keputusan. Lalu kita kirim ke BNPB untuk dilakukan verifikasi lanjutan dan pencairan,” ungkap Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Pays, kepada wartawan, Selasa (20/4).

Ia menjelaskan, verifikasi yang dilakukan pihaknya itu, menyangkut data ganda dan sebagainya. “Jumlahnya kurang lebih ada 1800 lebih, hampir 1900 KK. Saya belum tahu jumlah angka pasti, tapi ada sekitar itu. Nanti setelah ini kita akan ajukan ke walikota untuk di SK, baru dikirim ke BNPB,” terangnya.

Dia mengaku, untuk pencairan dana gempa tahap I sudah tidak ada masalah. Dimana penerima bantuan gempa tahap I sudah menerima bantuan tersebut beberapa waktu lalu. “Semua sudah clear. Kalo Ada yang masalah awal itu ada kurang 100-an lebih yang data ganda dari 333 KK awal setelah verifikasi, mereka bawa mereka punya bukti-bukti kepemilikan dan identitas, maka sudah clear,” terangnya.

Demmy juga mengaku, untuk pencarian tahap kedua, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh korban yang telah terverifikasi bisa mendapatkan bantuan. Dengan begitu, permasalahan tersebut dapat terselesaikan.

“Tahap kedua kita jamin tidak ada lagi data ganda seperti tahap pertama. Karena sudah ada lengkap by name by address. Masalah data ganda awal di Batu Merah, Waiheru dan lainnya sudah kita turun untuk verifikasi dan sudah clear, tidak ada lagi masalah,” tandasnya.

Ia berharap, para korban dapat bersabar. Sebab, Pemerintah Kota Ambon melalui BPBD sementara berupaya untuk merealisasikan bantuan dimaksud. “Saya harap korban bersabar. Karena kita tidak lagi menutup mata. Sementara ini kita lagi berupaya untuk pencairan itu,” pungkasnya. (IAN)

Comment