by

Dana Gempa Wilayah Baguala Cair

Ambon, BKA- Dari sekian banyak korban gempa tahun 2019 di Kota Ambon, baru korban gempa seputaran kecamatan Baguala yang telah menerima bantuan dana gempa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, dikabarkan telah mencairkan bantuan tersebut Senin (16/11) pekan ini.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Ambon, Mourist Tamaela mengaku, setelah melakukan audiens dengan para korban gempa 2019, para korban mengaku telah menerima bantuan dana gempa sektiar 3 hari lalu.

“Dana gempa telah dicairkan 3 hari lalu. Kami sudah audiens dengan para penerima bantuan dan mereka mengaku telah menerima. Ini khusus Baguala,” sebut Mourist, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Kamis (19/11).

Politisi Nasdem ini menilai, dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang BPBD Kota Ambon untuk mempertanyakan sejauh mana proses pencairan bantuan dana gempa dimaksud. “Agar kita bisa sampaikan ke publik juga. Karena kalau yang lain mengaku belum terima, itu berarti baru wilayah Baguala,” tandasnya.
Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, sebelumnya mengaku, bantuan korban gempa tahun 2019 akan dicairkan pada pekan ini.

Politisi Senior Golkar ini mengaku, keterlambatan pencairan dana gempa ada kaitannya dengan tim fasilitator yang telah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi lewat BPBD Provinsi Maluku untuk memverifikasi data korban gempa.

Sementara Pemerintah Kota Ambon hanya bertugas untuk melakukan pencairan, jika data berkas penerima bantuan telah dimasukan ke BPBD kota Ambon.

“Kita akan upayakan minggu depan sudah cair. Kalau kata pak Henri Far-Far cair Desember itu keliru. Kira kira dalam minggu ini atau paling lambat minggu depan (minggu ini) itu uang itu dia sudah bisa cair,” papar Louhenapessy belum lama ini. (UPE)

Comment