by

Dana Kelurahan 2021 Dorong Pemberdayaan Masyarakat

Ambon, BKA- Kepala Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Novriel Yusuf menilai, alokasi dana kelurahan sangat positif karena memiliki sasaran kegiatan masyarakat. Dijelaskannya, alokasi dana kelurahan diputuskan melalui hasil musrembang.

“Dana Kelurahan sangat positif dalam mendorong partisipasi masyarakat. Sasaran dana ini untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan sarana prasarana di kelurahan dimana penentuan kegiatan diputuskan melalui musrenbang. Hal ini tentu sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Novriel

Menurutnya, penyaluran dana kelurahan memiliki tantangan bagaimana dana tersebut dikelola secara transparan dan akuntabel.

Dana yang diberikan per tahap ini digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana lokal dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Terkait pengelolaannya, dalam Pasal 30 PP 17/2018, Dana Kelurahan dimasukkan ke dalam anggaran Kecamatan pada bagian anggaran kelurahan. Lurah berkedudukan sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA). Dalam pelaksanaan anggaran ini, Lurah menunjuk pejabat penatausahaan keuangan kegiatan.

Novriel mengaku dana kelurahan yang diberikan pemerintah akan digunakan dengan sebaik mungkin untuk membangun setiap sarana prasarana serta membantu mendorong pemberdayaan masyarakat yang ada di Kelurahan Honipopu. (BKA-2)

Comment