by

Dana Kelurahan Dorong Pemberdayaan Masyarakat

Dana Kelurahan yang dialokasikan Pemerintah Pusat lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kota Ambon, dirasa sangat bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat. Salah satunya bagi Kelurahan Karang Panjang (Karpan), Kecamatan Sirimau yang akan digunakan untuk pengembangan UKM, bansos dan posyandu di tahun ini.

Lurah Karang Panjang (Karpan), Dita mengaku, alokasi dana kelurahan dari pemerintah sangat positif dalam mendorong pemberdayaan masyarakat sesuai hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

“Sasaran dana ini untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Seperti, pengembangan UKM, Bansos dan posyandu. Selain itu, pembangunan sarana prasarana di kelurahan juga perlu dilakukan. Dimana penentuan kegiatan diputuskan melalui musrenbang. Hal ini tentu sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkap Dita, saat dihubungi koran ini, Selasa (1/6).

Menurutnya, penyaluran dana kelurahan memiliki tantangan, bagaimana dana tersebut dikelola secara transparan dan akuntabel oleh pemerintah kelurahan.

Dana yang diberikan per tahap ini, lanjut dia, juga digunakan kelurahan Karpan untuk pembangunan sarana dan prasarana lokal.

“Terkait pengelolaannya, dalam Pasal 30 PP 17/2018. Dana Kelurahan dimasukkan ke dalam anggaran kecamatan pada bagian anggaran kelurahan. Lurah berkedudukan sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA). Dalam pelaksanaan anggaran ini, lurah menunjuk pejabat penatausahaan keuangan kegiatan,” paparnya.

Dita menambahkan, dana kelurahan yang diberikan pemerintah akan digunakan dengan sebaik mungkin dan secara transparan. Agar kedepan bisa lebih baik lagi. (BKA-2)

Comment