by

Dana Kelurahan Tak Bisa Atasi Kemiskinan

AMBON-BKA, Dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah untuk mendorong program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat di setiap kelurahan, tidak bisa mengatasi persoalan kemiskinan. Hal ini disampaikan Lurah Mangga Dua, Hellen Ritiauw, saat dihubungi media ini, Senin (2/8).

Menurutnya, dana kelurahan yang diterima pihaknya, tidak bisa sekaligus mengatasi persoalan warga miskin yang ada di lingkungannya. Namun sebagian bisa diupayakan lewat program pemberdayaan yang dilakukan, seperti bantuan UMKM maupun bantuan sosial lainnya.

“Kalau bicara penanganan kemiskinan itu skopnya besar. Kalau kita mau tangani itu dari segi mana dulu. Misalnya dengan berikan bantuan seadanya itu masih bisa. Karena kelurahan juga terbatas, tidak bisa berbuat banyak,” terangnya.

Baca: Kamtibmas di Honipopu Makin Meningkat

Hellen juga mengaku, pihaknya tidak memiliki data tetap penduduk miskin di lingkungannya.
“Tidak ada data tetap warga miskin. Karena tidak ada batas ukur untuk mengukur apa masyarakat ini miskin. Memang ada beberapa ukuran yang dipakai oleh kementerian. Tapi kelurahan sendiri belum ada,” bebernya.

Sejauh ini, lanjut dia, kelurahan sudah memberikan beberapa bantuan bagi warga yang dianggap tidak mampu. Misalnya pemberian bantuan seragam dan alat tulis bagi siswa kurang mampu. Selain itu juga ada bantuan seperti Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

“Sejauh ini mungkin yang bisa kami lakukan itu hanya bantuan kecil. Seperti kemarin kami beri bantuan seragam dan alat sekolah bagi siswa kurang mampu. Kalau UMKM juga kami berikan. Sisanya itu bantuan dari kementerian seperti BPNT dan lain-lain,” pungkasnya

Baca: Karpan Fokus Pelayanan Masyarakat

Ia menambahkan, jika anggaran bisa mencukupi pihaknya akan melakukan program mengatasi masalah kemiskinan yang sering kali menjadi pusat perhatian dari pihak pemerintah.

“Masalah kemiskinan ini bukan hanya di lakukan dengan memberikan bantuan, namun berbagai inovasi harus dilakukan. Agar kemiskinan ini dapat diatasi dengan baik,” tutupnya. (BKA-2)

Comment