by

Dana Kelurahan Untuk Pencegahan Covid-19

Ambon, BKA- Dana Kelurahan dari pemerintah yang awalnya digunakan untuk kegiatan pembangunan sarana prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat dikelurahan, dapat dilakukan refocusing untuk mendukung pendanaan pencegahan dan penanganan covid-19 serta bantuan sosial untuk masyarakat miskin terdampak secara ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Novriel Yusuf Kepala Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.


meskipun Pemerintah melakukan pemangkasan anggaran, namun dana kelurahan masih tetap akan dicairkan untuk memaksimalkan pemberdayaan masyarakat kelurahan. Novriel menyebutkan, pemanfaatan dana kelurahan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa untuk mendukung sarana prasana pendukung masyarakat, dan beberapa lainnya untuk meningkatkan kemampuan SDM.

“Hanya saja sebagiannya dialokasikan, direfocusing untuk penanganan, pencegahan Covid-19,” katanya.

Adapun penggunaan dana kelurahan untuk pencegahan Covid-19 ialah, melakukan penyemprotan designfektan, sosialisasi pencegahan Covid, penyediaan air cuci tangan, dan pembagian masker.

Novriel berharap, adanya ketegasan dari masyarakat untuk menerapkan protokoler kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid di lingkungan kelurahan.

“Harapannya masyarakat bisa lebih tegas lagi dalam menerapkan protokoler kesehatan agar bisa dengan cepat memutuskan mata rantai penyebaran covid di lingkungan keluarga,” tutupnya. (MG-2)

Comment