by

Dana Sertifikasi Guru Sementara Diproses

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pendidikan, sementara melakukan proses untuk mencairkan dana sertifikasi guru. Dana tersebut diberikan kepada para guru yang berhak.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohi mengaku, sebagian besar guru telah diberikan hak mereka melalui dana sertifikasi guru. Dan bagi guru yang belum mendapatkan dana tersebut, diminta untuk tetap bersabar. Karena dana sertifikasi tersebut, dicairkan secara bertahap.

“Ini (dana sertifikasi) kan bertahap. Yang penting proses sudah jalan, dan sudah ada yang terima. Dan mereka yang terima itu sebagaian besar,” ungkap Fahmi, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (19/11).
Fahmi menyebutkan, dana tersebut akan diberikan kepada seluruh guru yang telah mengantongi Surat Keputusan (SK). Dan pihaknya sementara memproses ribuan berkas guru yang telah dimasukkan ke Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon.

Dijelaskan, semua kewenangan terkait dana sertifikasi itu, bukan ada pada Dinas Pendidikan Kota Ambon. Tetapi ada pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Kita juga tidak akan diam soal ini (dana sertifikasi). Namun kewenangan juga dari Kementerian Pendidikan,” bebernya.

Ditambahkan, karena dana sertifikasi ini berasal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maka para guru yang berhak akan langsung ditransfer melalui rekening dari kementrian tersebut. Dan jika ada keterlambatan pengiriman ke penerima lewat rekening, hal tersebut sesuai kebijakan Pemerintah pusat.

“Lambat atau cepat itu ada di Jakarta (Kementerian Pendidikan). Dan tergantung pelaporan yang masuk kesana (Kementerian),” sebut dia.

Fahmy menambahkan, bagi yang menilai Dinas Pendidikan memperlambat pencairan, itu asal-asalan dalam berbicara. Dan bagi para guru diminta untuk tetap bersabar.
“Jadi yang sebut dinas Pendidikan penghambat pencairan dana tersebut, itu pernyataan yang ngawur dan asal sebut,” cetusnya. (BKA-1)

Comment