by

Dandim Moa Bakal Bangun Kelas Belajar di MBD

Guna meningkatkan kualitas pendidikan generasi bangsa, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol Inf. Wira Moharromah bakal membangun kelas belajar di seluruh wilayah hukum Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Pernyataam ini disampaikan Damdim di sela-sela kegiatan tatap muka, bersama Tim Indonesia Mengajar Kabupaten MBD, di loby Markas Kodim 1511/Pulau Moa, Selasa (18/5).

Usai tatap muka, Dandim menjelaskan, TNI juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu khusus di Kabupaten MBD, dirinya telah bersepakat untuk berkolaborasi dengan Tim Indonesia Mengajar Kabupaten MBD, agar dapat bersama-sama memberikan pendidikan extra diluar jam belajar reguler.

“Kita telah berkoordinasi dengan Tim Indonesia Mengajar yang ada di MBD untuk bersama-sama meningkatakan kualitas pendidikan anak-anak MBD. Nantinya dalam proses belajar mengajar. Saya juga telah mengarahkan bagi Danramil yang tersebar di seluruh wilayah MBD, untuk mendeklarasikan kepada anggota Koramil yang berkompeten, agar dapat bersama-sama bertindak sebagai tenaga penjagar untuk mengajarkan ilmu-ilmu dasar dan umum bagi anak-anak,” jelas Dandim.

Dikatakan, untuk menunjang kegiatan tersebut, nantinya akan dilakukan pembangunan masing-masing satu ruang kelas belajar bagi siswa-siswi yang berada di wilayah binaan Kodim 1511/Pulau Moa. Dan dilengkapi dengan seluruh fasilitas standar ruang belajar, serta akan dibiayai oleh Kodim 1511/Pulau Moa.

Menurutnya, untuk program Kelas Belajar ini, akan difokuskan pada tingkatan Sekolah Dasar (SD). Hal ini tentu disesuaikan dengan tenaga pendidik yang berada di bawah naungan Tim Indonesia Mengajar MBD.

“Kita mulai dari tingkatan Sekolah Dasar dulu, mungkin mengajarkan membaca dan menulis atau hal-hal lain yang mudah dimenegerti anak-anak. Karena untuk meningkatkan kualitas, tentu kita perlu memulainya dari tingkatan paling bawah. Ini juga untuk menambah semangat belajar anak, karena pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk meraih masa depan,” ucapnya.

Dia berharap, dengan adanya kolaborasi antara Kodim 1511/Pulau Moa dan Tim Indonesia Mengajar, maka mutu pendidikan anak di MBD akan semakin baik.

“Untuk pembangunannya, kita upayakan bulan depan sudah dapat berjalan. Minimal kita bangun satu ruang kecil-kecil dengan maksimal 10 orang siswa. Kemudian kita siapkan alat tulis, meja, bangku dan fasilitas umum lainnya. Di setiap kelas itu akan saya tempatkan paling kurang satu anggota yang berada di jajaran Koramil di masing-masing wilayah,” tuturnya.

Salah satu tenaga pengajar Tim Indonesia Mengajar MBD, Haikal mengatakan, Tim Indonesia Mengajar sangat berharap ada kolaborasi bersama kodim 1511/Pulau Moa. Maka upaya peningkatan pendidikan di Kabupaten MBD dapat lebih efisien.

Menurutnya, Tim Indonesia Mengajar juga mempunyai program belajar mengajar ke desa-desa. Karena itu dengan adanya program kelas belajar oleh Kodim 1511/Pulau Moa, maka hal ini sangat seimbang.

Ia menambahkan, sebagai salah satu stakeholder di Kabupaten MBD, Kodim 1511/Pulau Moa memiliki respon yang sangat baik. Karena itu diharapkan, semangat dan dukungan tersebut dapat terus berlanjut demi pendidikan Indonesia yang lebih baik. (GEM)

Comment