by

Danlanal Aru Sosialisasi Vaksin Covid-19

beritakotaambon.com – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Tabarfane, Kecamatan Aru Utara Selatan untuk memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19 ke masyarakat pesisir di wilayah teritorial Lanal Aru, Sabtu (4/9).

Danlanal didampingi oleh Dandenpomal Aru, Kapten Laut (PM) Teguh Wicaksono, Dankal PTG III-09-06, Lettu Laut (P) Edy W, Pasiops Unit Lanal Aru, Letda Laut (T) Sutrisno, Bakes (Bintara Kesehatan) Lanal Aru, Serda Apm Siswanto.

Tiba di dermaga Desa Tabarfane, Kecamatan Aru Utara Selatan rombongan Danlanal Aru disambut baik oleh Babinsa Koramil 1503-03 Jerol dan Babinkantibmas Polsek Jerol beserta masyarakat setempat. Setelah beristirahat sejenak, Tim Bakes Lanal Aru langsung menggelar sosialisasi terkait pentingnya vaksin Covid-19 kepada warga masyarakat setempat.

Bintara Kesehatan Lanal Aru, Serda Apm Siswanto dalam kesempatan itu mengatakan, masyarakat desa diharapkan tidak termakan isu miring terkait dampak negatif setelah di vaksin. Sebab akan berdampak buruk dalam memutus mata rantai Covid-19 di Kepulauan Aru.

“Kami mau ingatkan bahwa sebelum pelaksanaan vaksin, akan dilaksanakan pemeriksaan screening kepada para calon penerima vaksin. Diantaranya pemeriksaan tensi tidak lebih dari 140/90, tidak ada penyakit bawaan seperti asma, diabetes, jantung dan alergi terhadap obat. Nah, kalau calon penerima vaksin aman dari hal-hal itu, maka wajib di vaksin karena aman,” ungkapnya.

Baca juga: Kanim Tual Resmi Terima Sertifikat Tanah dari Pemkot Tual

Dijelaskan, tujuan vaksinasi dimasa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar tetap terjaga, sehingga dapat terhindar dari penularan virus Corona.

“Jadi, intinya ini program nasional menuju Indonesia sehat bebas Covid-19 yang harus kita laksanakan sebagai wujud membantu pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru,” terangnya

Selain itu, dr.Cristian yang merupakan dokter satu-satunya, yang bertugas di Desa Tabarfane dalam kegiatan itu menambahkan, masyarakat Desa Pesisir Tabarfane sangat menyambut baik akan adanya pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaksanakan Lanal Aru.

Menurutnya, masyarakat desa pesisir, selain Desa Tabarfane, sangat berantusias akan adanya pelaksanaan vaksinasi oleh pangkalan Lanal Aru. Masyarakat juga memahami selain untuk menjaga kesehatan vaksinasi juga diperlukan sertifikat bagi mareka yang akan melaksanakan perjalanan ke luar kota sebagai persyaratan.

“Kami beserta para tenaga kerja kesehatan Puskesmas di pesisir Desa Tabarfane, siap membantu serta mendampingi untuk menyukseskan pelaksanaan vaksnasi yang dilaksanakan Lanal Aru di Kecamatan Aru Selatan Utara, khususnya di Desa pesisir,” ucapnya

Terpisah, Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin usai Kunker mengatakan, serbuan vaksinasi massal yang terus dilaksanakan Pangkalan TNI AL di Aru, merupakan instruksi Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI, Yudo Margono dalam mendukung program percepatan penanganan Covid-19.

Diakuinya, masih banyak masyarakat pesisir yang menolak divaksin. Akan tetapi, pihaknya terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat secara humanis, agar tidak takut divaksin.

“Ya, memang masih banyak masyarakat di daerah ini yang belum memahami pentingnya vaksinasi Covid-19. Karena itu, kami akan terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dengan sukarela, agar mau mengikuti vaksinasi,” tutupnya. (WAL)

Comment