by

Danrem 151/Binaiya Sebut Latbencal Siap Digelar

Ambon, BKA- Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw mengatakan pihaknya siap melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latbencal) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Untuk memastikan hal itu, Danrem 151/Binaiya beserta Kasi Ops Kasrem Kolonel Inf Carles B.P Sagala didampingi Dandim 1502/Masohi Letnan Kolonel Inf Nunung Wahyu Nugroho melaksanakan peninjauan ke medan Latihan Penanggulangan Bencana Tsunami dan Tanah Longsor secara langsung.

Medan latihan penanggulangan bencana itu terletak, di Dodik latpur (Dipo Pendidikan Latihan Tempur) Rindam XVI/Pattimura Desa Waimital dan Dusun Telaga Ratu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Selasa (27/10).

“Latihan penanggulangan bencana rencananya akan diadakan pekan mendatang, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menangani bencana alam dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana alam yang bisa timbul sewaktu-waktu dan tidak terduga,” ucap Danrem 151/Binaiya.

Menurutnya, sebelum melaksanakan latihan penanggulangan bencana terlebih dahulu diadakan peninjauan tempat latihan agar latihan bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

“Dalam latihan tersebut direncanakan akan melibatkan anggota korem 151/Binaiya beserta jajaran dan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Ia memberikan alasan kenapa Pulau Seram dijadikan tempat latihan penanggulangan bencana, karena Pulau Seram sebagai tempat latihan karena mengingat kerapnya terjadi bencana gempa bumi di sekitar Pulau Seram.

“Sebagaimana yang terjadi tahun lalu yang ditakutkan berdampak Tsunami dan Tanah longsor. Untuk itu, Korem 151/Binaya akan mengadakan pelatihan tersebut agar anggota dan masyarakat dapat tetap waspada apabila terjadi hal serupa,” pungkas Danrem. (PEN 151)

Comment