by

Danrem Binaiya Resmikan Penanaman 1000 Mangrove

beritakotaambon.com – Komandan Rayon Militer (Danrem) 151/Binaiya, Brigjen TNI. Arnold A.P. Ritiauw, resmi membuka kegiatan sosial penanaman 1000 anakan pohon Mangrove di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (26/8).

Kegiatan sosial itu dilaksanakan salah satu media lokal yang bekerja sama dengan Korem 151/Binaiya, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun.

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan, aksi penanaman pohon Mangrove yang dilaksanakan itu, bertujuan untuk menimalisir kerusakan yang terjadi sepanjang pantai Negeri Wakal.

“Kerusakan maupun abrasi ini biasanya terjadi pada saat musim Barat, yang dimana ombaknya sangat besar,” tutur Danrem.

Dikatakan, gerakan menanam pohon Mangrove ini, target pertama 1000 pohon. “ Kita berharap semoga pohon ini tumbuh dengan baik, agar bisa menjadi penahan ombak dan melindungi pantai dan jalan yang ada di daerah Wakal ini,” harapnya.

Baca juga: Babinsa Awasi Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas MBD

Menurutnya, setelah agenda penanaman mangrove itu, pihaknya akan melihat pantai-pantai di sepanjang wilayah Jazirah Leihitu maupun Kecamatan Salahutu, yang memang sangat riskan dengan ombak, saat datangnya musim barat. “Olehnya itu kita upayakan untuk menanam lagi ke depannya,” terangnya.

Sementara itu, Ustadz Ahmad Leaearu, sebelum melakukan doa bersama, juga menyampaikan bahwa yang dilakukan ini merupakan berkat dari Allah SWT. Kiranya , warga Wakal yang terlihat hadir begitu banyak dan juga Upulatu, kedepan bisa sama-sama melestarikan laut.

“Kami bersyukur bisa mendapat perhatian secara cuma-cuma untuk melindungi negeri ini dari amukan ombak kedepan,” pungkasnya. (SAD)

Baca juga: Koramil Dobo Berangkatkan 94 Casis Bintara

Comment