by

Dapat Dukungan Orangtua, Sekolah Terapkan Gurling

Ambon, BKA- Untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa selama masa pandemi Covid-19, SD Kristen Teologi Suli menerapkan pembelajaran Luring, yakni, menggunakan pola Guru Keliling (Gurling) pada sejumlah sejumlah titik yang sudah ditentukan.

Kepala SD Kristen Teologi Suli, Sintdje Ratila, mengatakan, penerapan pola pembelajaran Gurling tersebut dilakukan atas persetujuan dan dukungan orangtua siswa.

Pola pembelajaran Gurling dilakukan sekolah tersebut, ungkap Ratila, karena sebagian besar sekolah tersebut tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar secara Daring, sebab terkendala fasilitas.

“Ada empat titik pembelajaran. Jadi masing-masing kelas bersama dengan wali kelasnya. Pada proses itu, saya selalu ingatkan para guru supaya perhatikan siswanya supaya patuhi protokoler kesehatan,” ujar Ratila, Jumat (28/8).

Awalnya, ungkap dia, sekolah tersebut menggunakan pola pembelajaran secara Daring bagi siswa yang memiliki fasilitas, serta Luring bagi siswa yang tidak miliki fasilitas.

Belajar Luring, terangnya, dilakukan melalui tatap muka di rumah siswa masing-masing. Tapi karena saat ini sementara dilarang, menyebabkan semua kebijakan yang dilakukannya itu untuk sementara dihentikan

“Karena dilarang guru datangi rumah siswa, maka kita lakukan Gurling. Sehingga kita ambil kebijakan, gunakan dana BOS untuk beli masker bagi siswa dan guru. Supaya proses belajar lewat Gurling bisa jalan dengan baik, tanpa penyebaran virus,” jelasnya.

Dikatakannya, kebijakan Gurling dilakukan untuk menjawab keinginan anak-anak didiknya. Karena para siswa sangat bersemangat untuk belajar, sehingga atas dukungan orangtua, pihaknya kemudian menerapkan kebijakan itu.

“Anak-anak sangat bersemangat untuk belajar. Sehingga kita lakukan pertemuan dengan orantua, dan disetujui kita lakukan Gurling. Jadi kita akan mulai lakukan 31 Agustus mendatang. Kita sudah ingatkan para guru, untuk pentingkan kesehatan. Karena itu, anak-anak harus tetap patuhi protokoler kesehatan,” pungkas Ratila. (LAM)

Comment