by

Data IDM Berbasis SDGs Jadi Informasi Dasar Desa

Pemerintah terus berbenah untuk mengimplementasikan pembangunan yang dimulai dari desa.

Untuk mendukung itu, diperlukan sokongan data atau informasi yang akurat tentang desa, agar program yang diluncurkan pemerintah sesuai kebutuhan.

Saat ini, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tengah menggaungkan program pemutakhiran data berbasis SDGs desa.


Penjabat Sekertaris Desa (Kades) Grandeng, Yuliana, mengatakan, pemutakhiran data berbasis SDGs desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail dan lebih mikro, karena mencakup data pada level RT, keluarga dan warga. Sehingga dapat memberikan lebih banyak informasi sekaligus sebagai proses perbaikan.

“Pemutakhiran data berbasis SDGs desa merupakan program yang digaungkan oleh Kementerian Desa PDTT, dalam mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data,” terang Yuliana, Kamis (10/6).

Lanjutnya, kegiatan pemutakhiran data SDGs desa akan dijadikan sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa, serta untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa.

Untuk itu, pada Mei lalu, Pemerntah Desa Grandeng, Kecamatan Lolong Guba, telah mengadakan pembekalan kepada tim pokja relawan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs tahun 2021.

“Saya berharap, dengan telah terbentuknya pokja relawan SDGs serta pembekalan yang telah dilakukan, bisa menjadi terobosan awal bagi Desa Grandeng untuk memperbaiki segala pendataan yang dibutuhkan,” pungkasnya.(MG-1).

Comment