by

Data Misbar Akan Diverifikasi

Ambon BKA- Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Sosial, akan melakukan verifikasi data terhadap masyarakat miskin baru (misbar) yang terdampak pandemi Covid-19. Hal itu akan dilakukan, jika ada instruksi dari Kementrian Sosial untuk mengambil data misbar tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Nurhayati Jasin menyebutkan, data misbar yang terdaftar pada tahun 2020 kemarin, itu karena terdampak Covid-19. Namun saat ini, para warga misbar dimaksud sudah mulai kembali beraktivitas, untuk kelangsungan hidup.

“Karena dampak Covid. Sedang sekarang kan kayaknya sudah normal. Jadi pasti kita akan verifikasi lagi, kriterianya seperti apa. Karena kan kayak ojek, sekarang kan semua sudah jalan kayak biasa,” terang Nurhayati, kepada wartawan, Rabu (13/1).

Dia katakana, untuk data terkahir warga misbar yang terdaftar pada 2020 lalu pada dinas sosial, sebanyak 12.133. “Kita punya miskin baru kan belum ada instruksi. Jadi kami 2021, kami belum ada instruksi pusat. Jumlah miskin baru yang terkahir kan, 12.133,” terangnya.

Terkait data misbar tahun 2021, akui dia, pihaknya hanya menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini kementrian sosial. Sehingga ketika ada intruksi, maka tentu pihaknya akan melakukan verifikasi data misbar.

Nurhayati menambahkan, untuk bantuan reguler yang akan disalurkan dinas sosial lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kota Ambon di tahun ini, pasti ada. Namun yang tidak ada yaitu, bantuan sembako kepada para misbar. “Reguler yang dari APBN kan tetap jalan. Kecuali sembako misbar,” pungkasnya. (IAN)

Comment