by

Data Pemilih di MBD Menurun

TIAKUR-BKA, Jumlah data pemilih di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mengalami penurunan. Penurunan diketahui setelah dilakukan pemuktahiran data berkelanjutan tahun 2021.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) MBD, Kristian Talupoor, mengungkapkan, setalah dilakukan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan by name, terjadi pengurangan daftar pemilih di bulan Juli sebesar delapan orang.

“Sebelumya daftar pemilih di MBD sebanyak 54.715. Setelah di rekapitulasi, terdapat delapan pemilih yang telah meninggal dunia. Karena itu, jumlah daftat pemilih per bulan Juli sebanyak 54.707,” jelasnya.

Baca juga: MBD Kembali Terima Stok Vaksin

Pemuktahiran daftar pemilih, katanya, akan terus dilakukan setiap tiga bulan. Hal itu dilakukan, agar menghasilkan daftar pemilih di Kabupaten MBD yang valid.

“Kita perlu melakukan pemuktahiran data, agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan perhelatan politik di Kabupaten MBD. Dimana masyarakat yang berhak memiliki hak suara, dapat menggunakan haknya. Untuk yang tidak terdaftar karena telah meninggal ataupun berpindah tempat, dapat dilepas dari jumlah daftar pemilih agar tidak terjadi penyalahgunaan hak suara,” terangnya.

Untuk itu, dia berharap, Pemerintah Kabupaten MBD, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dapat bekerjasama dengan baik dalam setiap pelaksanaan pemuktahiran data. Sehingga setiap penyelenggaraan politik di MBD, tidak terjadi kesalahan dalam daftar pemilih.(GEM)

Comment