by

DD-ADD Hunuth Sasar 5 Program

Ambon, BKA- Anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang dimiliki Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon sementara disiapkan untuk menyasar 5 program prioritas.

Diantaranya program pemerintahan, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan program penanggulangan bencana, keadaan darurat serta mendesak.

Sekertaris Desa Hunuth, Ampi menjelaskan, didalam 5 program tersebut terdapat kegiatan-kegiatan yang dibiayai oleh DD dan ADD. Yakni jumlah anggaran yang dikeluarkan itu sebanyak Rp. 1.297.526.400 yang bersumber dari DD. Sedangkan program pembinaan kemasyarakatan, ada 4 kegiatan yang dijalankan dengan anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp. 618.187.989.
Untuk program pembinaan masyarakat, ada 3 kegiatan yang dijalankan dengan besar anggaran Rp. 77.650.000. Kemudian program pemberdayaan masyarakat ada 5 kegiatan dengan anggaran yang dikeluarkan sebesar 945.515.939 dan yang terakhir program penanggulangan bencana keadaan darurat dan mendesak yang didalamnya ada 2 kegiatan yang dijalankan. Dan besar anggaran yang dikeluarkan sebanyak Rp. 699.431.119.
Dikatakan, anggaran yang ditetapkan sudah diatur dengan tepat. sehingga dapat terealisasi seluruh kegiatan nantinya dengan tidak berkekurangan anggaran.
“Kita sudah hitung dengan sebaik mungkin anggarannya. Sehingga untuk menjalankannya nanti kita tidak takut-takut lagi anggarannya cukup atau tidak,” tutur Ampi, lewat rilisnya kepada koran ini, Kamis (29/4).

Ia berharap, program tahun 2021 yang sudah dirancang ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala, seperti yang terjadi di tahun 2020 lalu. Dimana akibat Covid-19, sejumlah program menjadi tertunda karena adanya refokusing anggaran.
“Semoga saja tahun ini tidak ada refokusing anggaran yang menyebabkan tundanya program. Seperti yang terjadi di tahun sebelumnya,” harap Ampi. (BKA-2)

Comment