by

DD-ADD Nania Dorong Program UMKM

Sebanyak Rp 161.229.500 kucuran anggaran dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) pada Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, akan diperuntuhkan untuk mendorong program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sekertaris Desa Nania, Sandra Soekardi menjelaskan, program UMKM dimaksud, merupakan program bantuan dari pemerintah desa, yang bekerjasama dengan bidang koperasi untuk memberikan bantuan bagi warga berupa peralatan dan bahan untuk berwirausaha.

“Ini untuk membantu menunjang perekonomian warga. Serta memulihkan kembali ekonomi warga yang sempat menurun akibat adanya Covid-19,” tutur Sandra, saat ditemui koran ini, Senin (21/6).

Sandra menyampaikan, bantuan yang diberikan itu dalam bentuk kelompok. Seperti bagi warga yang memiliki usaha kios, akan dibuat dalam kelompok. Kemudian diberikan bantuan berupa sembako. Bahkan nantinya akan dibagi secara merata dalam kelompok yang telah dibentuk.

“Ada yang usaha kios, makanan jadi, dan juga petani. Tapi bantuan yang kita berikan ini tidak diberikan secara langsung bagi mereka. Karena kelompok UKM kan banyak. Jadi untuk tahun ini hanya beberapa yang kami berikan. Nanti tahun depan kita ganti lagi,” beber dia.

Ia juga meminta, agar masyarakat nantinya bisa mempergunakan bantuan yang diberikan oleh pihaknya dengan sebaik mungkin, guna mengembangkan usaha mereka kedepan lebih baik lagi.

“Masyarakat harus punya inovasi baru dalam mengembangkan usaha mereka, agar lebih maju lagi. Kami ingin agar mereka menggunkan bantuan yang diberikan dengan sebaik mungkin. Mereka harus punya terobosan baru dalam mengembangkan usaha mereka,” harap Sandra. (BKA-2)

Comment