by

DD Batumerah Dialokasi Tangani Stunting

Ambon, BKa- Dana Desa (DD) Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau di tahun ini akan diprioritaskan untuk tangani stunting. Sebab, penanganan stunting atau masalah kurang gizi ini, sudah menjadi masalah nasional dalam pencegahan terhadap gangguan pertumbuhan anak agar tidak kerdil.

Sekretaris Desa Batumerah, M. Arlis Lisaholet mengatakan, setiap desa/negeri atau kelurahan memiliki anggaran stunting, termasuk desa Batumerah. Dimana untuk penanganan stunting yang dilakukan bersumber dari anggaran dana desa.
“Salah satu fokus tahun ini yaitu stunting. Dan untuk penanganannya lebih memakai anggaran DD,” terang Arlis, kepada koran ini, Rabu (7/4).
Untuk besaran anggaran terhadap penanganan stunting di Desa Batumerah belum diketahui. Sebab kata dia, Desa Batumerah belum menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021.

“Jumlah pasti saya tidak bisa katakana, tapi ada pos anggarannya. Nanti setelah penetapan APBDes baru bisa kita tau berapa pastinya,” tambahnya.
Tindakan penanganan stunting yang akan dilakukan, yaitu pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil, serta penguatan kader posyandu yang ada.
“Itu biasanya kami berikan makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil. Juga kami beri penguatan dan pelatihan bagi kader-kader posyandu yang ada di desa,” tutupnya. (BKA-1)

Comment