by

DD dan ADD Sawa Turun 10 Persen

Anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Sawa, Kecamatan Lilialy, tahun ini mengalami penurunan sebesar 10 persen.

Penjabat Sekertaris Desa (Sekdes) Sawa, Aryadi Umamiti, mengatakan, DD dan ADD Sawa secara keseluruhan pada 2021 sebesar Rp 1,4 miliar. Sedangkan pada 2020 lalu sebesar 1,5 persen.


“Untuk tahun ini, Pagu anggaran kami menurun menjadi 1,4 miliar. Kami tidak mengerti kenapa bisa turun sampai sejauh itu. Untuk Kecamatan Lilialy, cuma Desa Sawa saja yang Pagu anggarannya turun,” kata Aryadi, kepada BeritaKota Ambon, Senin (29/3).

Seharusnya ada penjelasan tentang penurunan Pagu anggaran tersebut. Misalnya ada kriteria-kriteria tertentu, sehingga terjadi pemotongan anggaran. Seperti, karena ada pandemi Covid-19 atau alokasi anggaran berdasarkan desa tertinggal dan sangat tertinggal yang mempunyai jumlah penduduk miskin tinggi.


Padahal, katanya, Desa Sawa merupakan salah satu desa yang jumlah penduduknya terbanyak diantara desa yang ada di Kecamatan Lilialy. Selain itu, tingkat kemiskinan di desa tersebut juga masih sangat tinggi.

“Herannya, kami punya jumlah penduduk sangat besar. Untuk tingkat kemiskinan di desa ini bisa dibilang besar juga. Kami sampai sekarang masih bertanya, dari segi mana sehingga Pagu anggaran Desa Sawa itu turun,” ungkapnya.

Disisi lain, pihaknya pernah mendapatkan informasi terkait kenaikan anggaran Dana Desa di tahun 2021, karena bersumber dari APBN.

“Kami juga sudah mendengar informasi, bahwa pemerintah akan menambahkan dana desa dari 70 triliun menjadi 72 triliun. Tapi kenapa malah menurun,” ujarnya

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pendamping desa untuk lebih teliti dalam menginput pendataan IDM atau statistik. Karena ada kemungkinan, hasil dari data tersebut yang mempengaruhi naik turunnya Pagu anggaran di setiap desa.

“Mungkin dari pendataan IDM kemarin atau statistik. Itu kan bisa mempengaruhi Pagu anggaran di setiap sesa, soalnya data itu untuk IDM diinput langsung oleh pendamping desa,” pungkas Aryadi. (MG-1).

Comment