by

DD Diprioritaskan Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Ambon, BKA- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru, M. Yamin Maskat, mengungkapkan, Dana Desa (DD) yang diterima setiap desa diperuntukkan bagi pemberdayaan masyarakat, guna peningkatan kesejahteraan.

Hal itu penting untuk dilakukan karena kondisi sosial ekonomi masyarakat yang rendah, mengakibatkan mereka tidak mampu. Dari tidak tahu, menjadi tahu, agar mampu bersaing dengan masyarakat diluar Kabupaten Buru.

Pemberdayaan Masyarakat dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangum masyarakat, melalui pengembangan kemampuan, perubahan perilaku, serta pengorganisasian masyarakat.

Hal tersebut dilakukan untuk peningkatan produktivitas, agar ekonomi masyarakat dapat ditingkatkan melalui program pemerintah desa, yang dianggarkan dalam Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) demi kepentingan kesejahteraan masyarakat.

“Seusai arahan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, bahwa anggaran Dana Desa itu diprioritaskan kepada perkembangan dan kemajuan ekonomi masyarakat desa. Mereka lebih diprioritaskan bila dibandingkan dengan kegiatan fisik. Jadi anggaran DD itu diprioritaskan pemberdayaan masyarakat dari pada fisik,” kata Yamin kepada koran ini, Kamis (3/12).

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan bagi upaya pemberdayaan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat. Mulai dari kemampuan berusaha, mencari informasi, pengelolaan kegiatan, nelayan, petani dan banyak lagi yang bisa dilakukan.

Selain itu, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II telah tersalurkan kepada penerima bantuan tersebut untuk semua desa yang ada di Kabupaten Buru. “Untuk BLT tahap II sudah selesai disalurkan ke semua desa di Kabupaten Buru,” ungkapnya.

Lebih lanjutnya, pihaknya masih proses tahap akhir BLT Dana Desa, agar bisa dicairkan. “Sekarang ini masih proses berkas dan pencairan BLT tahap III. Insya Allah, paling lambat minggu depan sudah tersalurkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Dinas PMD Buru ini meminta kepala-kepala desa agar mempercepat penyerapan anggaran 2020, karena saat ini sudah memasuki akhir tahun.

“Kepala-kepala desa harus mempercepat penyerapan anggaran 2020, karena sekarang sudah masuk bulan Desember,” pungkasnya. (MSR)

Comment