by

DD Nania Prioritaskan SDGs Desa

Ambon, BKA- Dana Desa 2021 untuk Desa Nania, Kecamatan Baguala akan diprioritaskan untuk SDGs desa pembangunan berkelanjutan. Demikian disampaikan Sekertaris Desa Nania, Sandra Soekardi, saat dihubungi koran ini, Sabtu (17/4).

Dijelaskan, Suistainable Development Goals (Sdgs) desa merupakan program pembangunann berkelanjutan yang akan dilakukan semua desa/negeri di Indonesia, yang memiliki tiga tujuan utama.

Yakni pemulihan ekonomi sesuai kewenangan desa, program nasional sesuai kewenangan desa yang meliputi pendataan desa, dan adaptasi kebiasan baru desa aman Covid-19.

“Ini juga nantinya menjadi patokan bagi pemberian dana desa. Dengan adanya pendataan, bisa diketahui berapa besar nantinya dana desa yang akan di terima. Itu sesuai dengan pendataan penduduk, ” jelas Sandra.

Dirinya mengaku, dalam program pemulihan ekonomi, pihaknya melakukan pemberian bantuan UKM yang setiap tahun rutin dilakukan.

Dan untuk program adaptasi baru desa aman Covid-19, akan diberi pemahan kepada masyarakat untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Dengan menerapkan pola hidup bersih dan mengikuti protokol kesehatan (prokes).

“Hal ini sudah kami bahas dan akan kami lakukan. Karna hal ini yang menjadi program prioritas juga dari pemerintah pusat, ” ucap Sandra

Ia berharap, dengan adanya program SDGs, tingkat kemiskinan bisa berkurang. Serta masyarakat bisa merasa lebih sejahtera dari sebelumnya.

“Saya lihat program ini juga baik sekali. Karena dia merupakan program pembangunan berkelanjutan. Apa yang kurang di desa itu harus dikerjakan. Kemudian juga pemulihan ekonomi,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, masyarakat bisa merasa terbantu dengan adanya hal itu. “Semoga saja program yang diterapkan pemerintah ini bisa mengatasi masalah kemiskinan di desa, serta mensejahterakan masyarakat,” harapnya. (BKA-2)

Comment