by

DD Untuk BLT dan Penanganan Covid-19

Ambon, BKA- Dana Desa (DD) tahun 2021 yang dimiliki Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Ambon, akan diperuntuhkan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta penanganan Covid-19.

Sekertaris Negeri Hative Kecil, Matheos Nanulaita mengatakan, DD yang dikucurkan Pemerintah Pusat lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini akan difokuskan untuk program BLT dan penanganan Covid-19 terhadap warganya.

“Dana Desa yang bersumber dari APBN, akan kita gunakan untuk pemberian bantuan BLT dan tangani Covid-19,” sebut Nanulaita, saat dikonfirmasi koran ini, Kamis (4/3).
Untuk penanganan Covid-19, dia menjelaskan, refokusing angaran tersebut hanya bersifat sementara untuk penanganan dampak dari wabah Corona ini. Sebab, akibat pandemi Covid-19, banyak warga yang mengalami masalah ekonomi.

“Angaran ini mungkin akan kembali normal setelah pandemi Covid-19 ini berakhir. Karena anggaran yang direfokusing ini tujuannya untuk memberikan bantuan bagi warga terdampak Covid-19, serta untuk kegiatan penanganan Covid-19,” terangnya.

Menurut dia, meski anggaran hanya difokuskan pada dua kegiatan, namun jika ada kelebihan anggaran dari program BLT, maka akan dilakukan pembangunan padat karya tunai serta beberapa pemberdayaan untuk pemulihan ekonomi warga.
“Anggarannya akan kita perhitungkan dengan sebaik mungkin, agar penggunaan DD ini bukan hanya untuk Covid, dan BLT saja. Namun program pemberdayan serta pembangunan padat karya tunai juga tetap dijalankan,” imbuhnya. (BKA-2)

Comment