by

Delapan CPNS Lapas Namlea Fokus Ikuti Latsar

beritakotaambon.com – Delapan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea, Kabupaten Buru, fokus mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun Anggaran 2019, Jumat (20/8).

Latsar yang digelar secara virtual dengan metode distance learning, ini dimulai sejak 9 Agustus-17 November 2021, dan dilaksanakan secara bergelombang berdasarkan angkatan.

Inggar dan Mario, CPNS Lapas Namlea yang mengikuti Latsar, berjanji akan tetap fokus dan tekun selama mengikuti pelatihan tersebut.

“Sudah kurang lebih 11 hari kami mengikuti Latsar. Walaupun hanya secara virtual, kami tetap bersemangat dan mengikutinya dengan serius. Setiap materi yang diberikan kami pelajari dengan baik dan tugas kami kumpulkan tepat waktu. Mudah-mudahan selama pelatihan ini tidak ada kendala sedikit pun, sehingga kami semua bisa lulus dengan hasil yang memuaskan,” harap Inggar, lewat rilis Kemenkumham Maluku, kepada media ini.

Kesempatan yang sama, Supardy Djaya selaku Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban sebagai mentor, turut mengawasi jalannya Latsar. Ia juga menyampaikan arahan dan masukan kepada para CPNS yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Sebelumnya ada beberapa gelombang dan angkatan yang sudah terlebih dahulu melaksanakan pelatihan ini di mana delapan CPNS dari Lapas Namlea termasuk dalam gelombang III. Mereka sudah dibebastugaskan dari rutinitas sehari-hari,” terang Supardy.

Baca juga: Bapas Ambon Terima Empat WBP dari Rutan

Ia juga menjelaskan, Latsar merupakan salah satu prasyarat penting sebelum diangkat menjadi PNS setelah menjalani masa percobaan selama satu tahun, yang merupakan masa prajabatan sejak Terhitung Mulai Tanggal CPNS.

“Sebelum beranjak dari CPNS menjadi seorang PNS, mereka akan mengikuti berbagai tahap dan proses panjang selama pelatihan yang akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Mereka akan dilatih dan dididik dengan baik apakah layak menjadi seorang PNS,” tegas Pardi.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Namlea, Ilham juga menyampaikan pesannya kepada peserta Latsar. Dengan harapan, Latsar dapat membentuk mereka menjadi PNS kedepan. “Diharapkan dengan Latsar ini dapat membangun dan membentuk mereka sebagai PNS yang profesional dan berkarakter, bersikap dan memiliki perilaku disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai dasar PNS. Serta menguasai dengan baik tugasnya sebagai pelayan masyarakat,” harap Ilham. (UPE)

Comment