by

Demi Lolos ke Piala Dunia 2022, Malaysia Panggil Bek yang Main di Liga Champions

Federasi sepak bola Malaysia (FAM) baru saja mengumumkan kedatangan bek keturunan Belgia yang pernah main di Liga Champions, Dion Johan Cools, untuk berlaga bersama Timnas Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dion Cools sudah hadir di hotel tim Malaysia sejak, Selasa (01/06/21). Dia langsung bertemu Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin.

“‘Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM), hari ini secara resmi telah memperkenalkan pemain berdarah Malaysia-Belgia, Dion Cools, sebagai pemain ke-26 di skuad ‘Harimau Malaya’ untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 di Dubai, UAE, 3 hingga 15 Juni 2021,” tulis FAM dalam pernyataannya.

Sekretaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam, mengatakan bahwa setelah Cools setuju untuk bermain untuk Timnas Malaysia, FAM mengirim surat kepada Federasi Sepak Bola Belgia (RBFA). Nantinya RBFA mengirimkan informasi terkait Cools ke FAM untuk diserahkan ke FIFA.

FAM langsung mendaftarkan nama Dion Cools dalam daftar awal pemain kualifikasi Piala Dunia 2022. Setelah mendapat persetujuan dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), FAM resmi mengumumkan Cools sebagai pesepakbola Malaysia.

Dion Cools memang lahir di Malaysia tepatnya di Kota Kuching pada 4 Juni 1996. Bek berusia 24 tahun ini memiliki darah Melayu dari ibunya yang memang warga negara Malaysia.
Cebolan Liga Champions

Sebelum bergabung dengan Malaysia, Cools pernah memperkuat Timnas Belgia U-19 dari 2014 sampai 2015. Selain itu, Cools juga pernah tampil di Liga Champions dengan menorehkan satu gol dan satu asis dari 13 pertandingan (termasuk babak kualifikasi).

Di Liga Champions 2020/2021, Dion Cools mendapat pengalaman berharga saat timnya, Midtjylland tergabung di grup ‘neraka’ (Grup G) bersama Liverpool, Ajax Amsterdam, dan Atalanta. Dia bermain sebanyak 206 menit untuk klub Denmark, tersebut.

Bergabungnya Dion Cools menjadikan lini pertahanan Timnas Malaysia bertambah kuat. Cools akan bersaing dengan Matthew Davies dan Rizal Ghazali untuk memperebutkan posisi starter bek kanan Harimau Malaya.
(INT)

Comment