by

Desa Batuboy Berbenah Atasi Banjir

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) bersama masyarakat Desa Batuboy, Kecamatan Namlea, melakukan kerja bakti untuk mengantisipasi banjir susulan, yang sebelumnya menerjang pemukiman warga pada 16 Januari lalu.

Bencana Banjir sebelumnya disebabkan oleh tingginya curah hujan, membuat tumpukan material pasir dan batu menutupi saluran pembuangan air atau drainase, sehingga genangan air merendam badan Jalan Trans Nasional Kabupaten Buru-Kabupaten Buru Selatan disekitar RT 01 atau depan Kantor Desa Batuboy.


Menurut Penjabat Kepala Desa (Kades) Batuboy, Imran Wamnebo, mengatakan, setiap musim hujan, pasti sejumlah warga Desa Batuboy panik. Sebab hampir setiap tahun terjadi banjir.

“Desa kami ini sudah menjadi langganan banjir kalau setiap musim punghujan. Setiap tahun itu banjir terus. ini membuat kita semua panik,” kata Imran, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (20/1).


Akibat dari genangan air yang merendam sampai menutupi jalan-trans nasional itu, warga Desa Batuboy merasa terganggu. Apalagi curah hujan di Kabupaten Buru masih cukup tinggi.

“Iya jelas warga terganggu, karena sudah sering terjadi, bahkan pernah di tahun-tahun sebelumnya itu sampai kerumah warga. Jadi kalau sudah memasuki musim hujan, kami sudah mulai lagi kerja bakti membuat saluran-saluran air,” ungkapnya.

Disisi lain, ungkapnya, drainase yang usianya sudah mencapai 20 tahun lebih itu mestinya sudah di renovasi, karena sudah banyak yang rusak atau retak. Kiranya hal itu bisa menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Maluku, untuk turut bekerja sama dalam melakukan perbaikan saluran pembuangan air tersebut.

“Kami berharap, pemerintah provinsi dapat memperbaiki drainase yang sudah rusak. Kalau di hitung-hitung, usia drainasi sudah hampir 20 tahun bahkan lebih. Jadi kiranya sudah layak untuk diperbaiki kembali,” pungkasnya. (MG-1)

Comment