by

Desa di Kecamatan Lilialy Lawan Covid-19

Ambon, BKA- Sepanjang tahun 2020, semua desa di Kecamatan Lilialy memfokuskan anggaran Dana Desa untuk membiayai sejumlah kegiatan penanganan Covid-19.

Camat Lilialy, Muhammad Nasir Waiulung, mengungkapkan, ada lima desa di Kecamatan Lilialy, yakni, Desa Ubung, Jikumerasa, Sawa, Waimiting dan Desa Waeperang.

Kelima desa tersebut memprioritaskan anggarannya pada penanganan bencana non alam tersebut. Sebab bencana tersebut mengancam masyarakat secara luas, termasuk masyarakat di kelima desa di Kecamatan Lilialy.


Sehinggga, Nasir mengatakan, sepanjang tahun 2020 kegiatan leboh diarahkan pada proghram pemberdayaan, untuk mengurangi dampak pendemi Covid-19 di tengah masyarakat.

“APBDes tahun 2020 itu lebih mengacu kepada pembangunan-pembangunan di bidang pemberdayaan. Selanjutnya kita dihadapkan pada situasi Covid-19, maka banyak alokasi Dana Desa itu dilakukan dalam konteks pencegahan Covid-19 pada saat itu. Selama tahun 2020 ini, kami turun langsung ke lapangan untuk mengawal kegiatan-kegiatan desa,” kata Nasir, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (7/1).

Hal tersebut tidak hanya sampai pada akhir 2020 saja, tapi pendampingan terhadap pemerintah desa akan terus dilakukan sepanjang virus corona masih terus mewabah, untuk mencegah terjadinya penularan virus tersebut ditengah masyarakat di Kecamatan Lilialy.

“Kami tetap melakukan pencegahan sampai masa pandemi ini benar-benar sudah bersih,” ungkapnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Kecamatan Lilialy itu telah megintruksikan ke seluruh desa, supaya tetap melaksanakan pencegahan wabah menular tersebut.

“Pemdes diwajibkan untuk melaksanakan pencegahan, dengan pengadaan alat-alat cuci tangan dan segala macamnya, yang mendukung pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk disinfektan,” terangnya.

Dengan adanya kerja sama antara Pemdes dan Pemerintah Kecamatan, akhirnya program-program desa, khususnya di bidang pemberdayaan tetap berjalan dengan baik, walaupun masih dalan menghadapi pandemi Covid-19.

“Untuk program desa di tahun 2020, selain bantuan BLT yang berasal dari Dana Desa, kami juga menjalankan kegiatan-kegiatan pemberdayaan, yaitu, pengadaan alat-alat cuci tangan dan semacam disinfektan,” pungkasnya. (MSR)

Comment