by

Desa di Waplau Utamakan Pemberdayaan Masyarakat

Ambon, BKA- Konsep pembangunan di Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, mengutamakan pemberdayaan masyarakat di pedesaan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Camat Waplau, Ir. Abdurahman Andjarang, mengungkapkan, pentingnya pemberdayaan masyarakat. Terkait dengan pembangunan setiap desa, pasti mempunyai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Dalam pelaksanaan pembangunan yang menggunakan dana desa, pihak kecamatan sama sekali tidak punya hak untuk intervensi program, apalagi memaksa kepala desa harus buat ini, biking itu, biking ini. Itu tidak dibenarkan, karena itu seusai dengan musyawarah masyarakat desa masing-masing,” kata Andjarang, saat ditemui Koran ini, di Kantor Dinas PMD Kabupaten Buru, Selasa (17/11).

Namun lahan pertanian di Kecamatan Waplau tidak sama dengan lahan pertanian yang ada di kecamatan lain di Kabupaten Buru, karena Kecamatan Waplau memiliki daerah yang kering.

“Jadi melihat dari beberapa tahun terakhir, rata-rata di pemberdayaan, seperti pemberdayaan kelompok-kelompok tani. Kemudian ada juga ibu-ibu rumah tangga untuk usaha-usaha kecil, itu juga ada. Cuma itu kendala kita di Kecamatan Waplau, salah satunya lahan pertanian tidak sama seperti di Kecamatan Waeapo, Kecamatan Waelata dan Kecamatan Lolong Guba misalnya,” ungkapnya.

“Jadi rata-rata lahan pertanian kita itu begitu lah, ada bukit, gunung. Jadi tidak terlalu bagus di dalam pengelolaan, perlu tenaga ekstra masyarakat ke kebun, juga harus mendaki istilahnya kan gitu,” sambutannya.

Walaupun dengan kondisi lahan pertanian dan perkebunan di Kecamatan Waplau berada di pegunungan, namun hal tersebut tidak membuat masyarakat untuk berhenti bertani.

Tapi untuk menjawab kebutuhan masyarakat, pemerintah membangun jalan tani untuk akses petani ke lahan pertaniannya.

“Alhamdulillah, juga ada sarana jalan, walaupun masih sifatnya belum bagus, tapi sudah ada upaya-upaya untuk pembuatan jalan-jalan usaha tani untuk melalui areal-areal perkebunan rakyat seperti itu,” ucapnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kecamatan Waplau ini berharap kepada Pemerintah Kabupaten Buru, agar memberikan perhatian terhadap masyarakat.

“Harapan saya sebagai Camat Waplau kepada Pemerintah Kabupaten Buru agar lebih meningkatkan lagi ekonomi pedesaan, melalui penyediaan sarana prasarana, melalui Dinas Pertanian, Perikanan atau dinas-dinas kemakmuran lainnya untuk bersigerni dengan anggaran dana desa, sehingga bisa memajukan ekonomi rakyat di desa. Memang pemerintah daerah dalam hal ini sudah banyak melakukan hal-hal terkait dengan harapan itu. Tapi tentu harapan itu selalu melekat, agar selalu menjadi tujuan sebagaimana visi misi daerah mensejahterakan rakyat Bupolo,” pungkasnya. (MSR)

Comment