by

Desa Hatawano Programkan Pembuatan Pagar Listrik

Ambon, BKA- Selain penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, ada dua program pemberdayaan yang diprioritaskan Pemerintah Desa (Pemdes) Hatawano, Kecamatan Waplau, pada tahun anggaran 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Hatawano, M. Ali Palisoa, mengungkapkan, dua program bidang pemberdayaan yang akan dilaksanakan tahun ini, yakni, pembuatan pagar listrik dan pengadaan bibit bawang merah.


Kedua program itu, merupakan program yang diprioritaskan untuk menjaga ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19.

“Kalau program pemberdayaan masyarakat itu, kami prioritaskan pada pembuatan pagar listrik dan pengadaan bibit bawang merah untuk masyarakat,” kata Ali, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (31/3).

Pagar listrik merupakan penghalang yang menggunakan kejutan listrik, untuk melindungi tanaman masyarakat dari kerusakan yang disebabkan oleh binatang maupun orang yang tidak bertanggung jawab.


Pagar listrik, kata Ali, dapat berfungsi sebagai pembatas lahan perkebunan masyarakat, supaya tidak melewati luasan yang telah ditentukan untuk menanam.

“Nah pagar listrik ini, gunanya untuk mencegah binatang, seperti, babi itu kan dan juga orang-orang yang sengaja untuk merusak. Dia juga berfungsi sebagai batas kebun masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, Pemdes Hatawano juga akan memberikan bibit bawang merah sebanyak 500 Kg atau setengah ton kepada masyarakat.

“Selain pagar listrik, nanti kami juga berikan bantuan kepada masyarakat, yaitu, bibit bawang merah sekitar setengah ton atau 500 kg,” ujarnya.

Untuk itu, Ali berharap, bantuan bibit bawang merah tersebut dapat memulihkan kondisi ekonomi masyarakat di desa Hatawano. (MG-1).

Comment