by

Desa Hunuth Anggarkan 800 Juta Lebih Untuk Program Pemberdayaan.

Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon anggarkan Rp 891.540.939 untuk program pemberdayaan. Demikian disampaikan Sekretaris Desa Hunuth, Ampi, kepada koran ini, Kamis (6/5)

Ia menjelaskan, program yang masuk dalam pemberdayaan masyarakat diantaranya bidang pertanian dan peternakan. Dengan anggaran yang digunakan sebesar Rp 187.751.758,- bersumber dari alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD).

Kemudian sub bidang peningkatan kapasitas aparatur desa dengan anggaran sebesar Rp 60.480.800 dari ADD, sub bidang pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga dengan anggaran sebesar Rp 62.436.300 dari ADD, sub bidang Koperasi UMKM dengan anggaran Rp 161.229.500 dari ADD dan DD, serta sub bidang perdagangan dan perindustrian dengan anggaran sebanyak Rp 419.282.581 dari DD.

“Anggarannya sudah kami hitung dengan sebaik mungkin, untuk menjalankan program-program tersebut,” terang Ampi.

Ia juga menyampaikan, program yang akan dijalankan sesuai dengan usulan warga terkait kebutuhan desa.

“Ini sudah sesuai dengan hasil musrembang. Ini merupakan usulan warga dan akan kita jalankan. Semuanya sudah di rincikan dengan terstruktur,” ucapnya.

Ampi juga meminta, adanya peran masyarakat dalam membantu pihak pemerintah desa menjalankan setiap program yang sudah dirembuk bersama di tahun 2021 ini.

“Peran masyarakat itu perlu dalam membantu pihak pemerintah. Karena selain membantu, dia juga mengawasi pergerakan pengeluaran anggaran desa untuknmenjalankan program demi kesejahteraan bersama, ” tuturnya. (BKA-2)

Comment