by

Desa Hunuth Bangun Perpustakaan

-Tingkatkan Minat Baca-

Ambon, BKA- Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan minat baca warga, Pemerintah Desa Hunuth membangun Perpustakaan Desa dengan menggunakan anggaran alokasi dana Desa. Dengan fasilitas perpustakaan yang memadai, Desa Hunuth, pernah menjadi juara ketiga tingkat nasional.
“Segala fasilitas telah tersedia didalam perpustakaan, mulai dari wifi, komputer, toilet, dan segala buku-buku pelajaran, inilah yang membuat kita pada 2018 kemarin, mendapatkan juara ke tiga tingkat nasional, dari sekian banyak perpustakaan yang ada di berbagai Propinsi, di Indonesia. Perpustakaan kita mendapat juara ke tiga,” ujar Yondri Kappuw, Kepala Desa Hunuth.

Disyaratkan bagi anak-anak sekolah yang datang untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan sekolah, diharuskan datang menggunakan seragam sekolah.

“Karena statusnya mereka itu pelajar, anak sekolah jadi datang harus menggunakan seragam sekolah, nanti ada Admin yang bertugas untuk mengarahkan anak-anak tersebut jika ingin belajar menggunakan internet,” ucap Yondri

Yondri juga mengatakan, sebelumnya dari awal perpustakaan Desa dibuka, banyak warga dan anak-anak sekolah yang datang untuk belajar, namun karena adanya pandemi Covid-19 jadi dibatasi warga yang datang untuk belajar.

“Banyak sekali warga, anak-anak sekolah yang datang untuk belajar bahkan sampai sekarang, hanya saja untuk saat ini kita batasi, mengingat adanya pandemi Covid-19, dan juga kemarin ada insiden kebakaran sedikit jadi sementara sedang ditutup,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, sebelumnya alokasi dana Desa juga digunakan untuk membangun Pos pelayanan keluarga berencana kesehatan terpadu (Posyandu), dan Hidropolik.

“Sebenarnya bukaan hanya Perpustakan Desa yang kita bangun, sebelumnya juga ada Puskesmas, kemudian Hidropolik. Kalau hidropolik ini kita bentuk kelompok, ada kelompok masyarakat yang ditugaskan untuk merawat hidropolik ini,” terangnya. (MG-2)

Comment