by

Desa Hunuth Jalankan 5 Program Pembangunan

Dari total anggaran yang dimiliki Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, sebesar Rp 776.551.608 telah dialokasikan untuk jalankan 5 program pembangunan.

Sekretaris Desa Hunuth, Ampi menjelaskan, program pembangunan yang dijalankan berupa pendidikan, kesehatan (penyelenggaraan posyandu), desa siaga kesehatan (penanganan Covid-19), kawasan permukiman, perhubungan pengelolaan jaringan atau instalasi komunikasi dan informatika.

Dalam program pendidikan, lanjut dia, anggaran yang digunakan itu sebesar Rp 69.237.740 yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sedangkan untuk program kesehatan bersumber dari Dana Desa (DD) dan ADD sebesar Rp 92.766.500.

Kemudian program kesehatan penanganan Covid-19, dari DD sebanyak Rp 157.402.879. Untuk program kawasan permukiman sumbernya dari DD dan ADD dengan anggaran sebesar Rp 232.123.580.

Selanjutnya untuk program perhubungan pengelolaan jaringan, sumber anggarannya dari ADD dengan jumlah Rp 99.892.649.

“Anggarannya kan sudah ada, dan kami secepatnya akan melakukan pembangunan-pembangunan tersebut kepada masyarakat,” terang Ampi.

Dikatakan, bukan hanya pembangunan yang dijalankan oleh pihaknya. Namun, program pemberdayaan, penanggulangan bencana dan beberapa program lainnya juga akan dijalankan dengan sebaik mungkin. Agar bisa terealisasi seluruhnya di tahun ini.

“Ini perlu kerja keras dari pemerintah desa dan juga masyarakat. Karena program ini sangat banyak. Apalagi tahun kemarin program kita tidak ada yang jalan karena refokusing anggaran. Pembangunan, pemberdayaan, penanggulangan bencana, dan beberapa lainnya juga akan dijalankan tahun ini. Kita akan berusaha sebaik mungkin untuk semuanya dapat terealisasi,” kunci Ampi. ( BKA-2)

Comment