by

Desa Hunuth Prioritas 3 Program

Lewat Dana Desa (DD) yang dimiliki, Pemerintah Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon sementara memprioritaskan tiga program untuk direalisasikan di tahun ini. Demikian disampaikan Sekretaris Desa Hunuth, Ampi, saat dihubungi Koran ini via seluler, Minggu (11/7).

“Untuk kali ini anggaran DD lebih ke 3 hal itu. Tahun kemarin kan program banyak yang tertunda. Jadi tahun ini kita harus realisasi seluruh program,” terang Ampi.

Dia merincikan, untuk program pemberdayaan telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 945.515.939,- yang didalamnya akan menjalankan 5 kegiatan. Sedangkan untuk program penanggulangan bencana, besarnya anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 699.431.119, untuk menjalankan 2 kegiatan. Dan untuk program pembangunan, besar anggaran yang akan digunakan sebesar Rp 776.551.608.

Ampi menjelaskan, alasan 3 program tersebut menjadi prioritas karena mampu meningkatkan ekonomi warga, sebagai media pendapatan ekonomi, dan membantu warga dalam menghadapi bencana yang terjadi baik bencana alam maupun non alam.

Dalam program pembangunan, lanjut dia, akan merealisasi pembangunan usulan warga. Seperti jalan setapak dan drainase. Kemudian dalam program pemberdayaan ada pemberian bantuan UKM serta adanya bubidaya tanaman hidroponik.

“Kalau untuk Bencana, Kita berikan bantuan. Seperti saat ini bencana non alam yaitu Covid-19 ada bantuan BST dari pemerintah. Jika kita lihat ada masyarakat yang membutuhkan bantuan akan kita bantu mereka,” ucapnya.

Ampi berharap, di tahun ini segala program kerja yang sudah disusun pihaknya beserta warga, dapat terealisasi dengan baik.
“Kalau tahun kemarin banyak program yang tunda karena refokusing anggaran. Untuk tahun ini, kami akan berusaha agar program seluruhnya dapat terealisasi dengan baik,” harapnya.
(BKA-2)

Comment