by

Desa Hunuth Renovasi Perpustakaan

Ambon BKA- Kembali berbenah akibat insiden kebakaran pada Juni 2020 lalu, Desa Hunuth, Kecamataan Teluk Ambon melakukan renovasi perpustakan. Pekerjaan tersebut ditargetkan selesai kurang lebih 3 minggu kedepan.
Perbaikan perpustakaan ini, dilakukan dengan menggunakan anggaran alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp 65.770.760.

“Untuk sekarang masih tahap perbaikan atap. Kita targetkan renovasi akan selesai dalam waktu kurang lebih 3 minggu,” tandas Kasie Kesejahteraan Desa Hunuth, Vendly Hursepuny, saat ditemui koran ini, Selasa (22/12).

Dijelaskan, dari insiden kebakaran yang pernah terjadi di Juni 2020 lalu, perpustakaan Desa Hunuth mengalami kerusakan sekitar 50 persen. Termasuk buku-buku yang dimiliki mengalami kerusakan akibat terkena ait dan asap api.
“Jadi sekitar 50 persen buku-buku harus di ganti, karena rusak akibat kesiram air dan terkena asap. Sehingga buku-buku itu menjadi hitam. Tapi kami akan ajukan permintaan buat desa, perpustakaan kota dan provinsi untuk penyumbangan buku-buku, menggantikan yang rusak,” terang Hursepuny.

Dia menyebutkan, dengan adanya perpustakan yang dimiliki desa Hunuth, tidak hanya menjadi sarana tempat baca bagi warga sekitar. Melainkan bisa menjadi tempat kegiatan masyarakat, sampai pada pelatihan-pelatihan.

“Perpustakan inikan bukan hanya untuk tempat baca bagi warga, tapi juga sebagai tempat untuk pelaksanaan kegiatan masyarakat dan pelatihan-pelatihan. Contohnya seperti Hidroponik. Awalnya masyarakat tidak tahu apa itu hidroponik. Namun setelah mereka membaca kemudian mencoba membuat sendiri, ternyata bisa dan itu sangat bermanfaat,” pungkas dia. (MG-2)

Comment