by

Desa Laha Anggarkan Warga Untuk Pembuatan KTP

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Laha, kecamatan Teluk Ambon menganggarkan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dikantor desa Laha.


Ingin membantu mempermudah pengurusan surat penting masyarakat seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, dan Surat Kematian. Pemdes pun mengajukan surat permintaan kepada catatan sipil agar mau bekerja sama dalam proses pembuatan. Setelah disetujui oleh pihak capil pemdes segera menganggarkan hal tersebut dalam anggaran pagu tahun 2020.

“Kami ingin lebih mempermudah masyarakat dalam mengurus surat penting seperti KTP, KK dan lain-lain apa lagi biaya yang dikeluarkan selama pengurusan cukup berat bagi warga ekonomi lemah. Untuk itu kami menganggarkan kegiatan tersebut dalam anggaran tahun 2020. Setelah disetujui oleh pihak capil kami langsung menyebarkan pemberitahuan agar warga segera mendaftarkan diri,” pungkas Fahmi Mewar sekertaris desa Laha.

Warga sangat antusias dalam menanggapi hal tersebut. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya warga yang mendaftar untuk ikut serta pembuatan surat penting tersebut. Diakui Fahmi Mewar bahwa hal ini juga membantu pemdes dalam mengurus pendataan warga agar lebih mudah.

“Itu kemarin yang mendaftar bisa sampai 200-an. Bahkan kami sampai bekerja larut dalam menangani berbagai surat keterangan yang bisa membantu warga dalam proses pembuatan nanti. Jadi hari ini itu proses perekaman data nanti setelah itu capil akan mengembalikan surat yang sudah selesai dikantor desa agar warga lebih mudah mengambilnya. Ini juga turut membantu pendataan warga dikantor desa. Jadi kami bisa dengan mudah mengetahui berapa jumlah warga yang ada,” tutupnya. (MG-1)

Comment