by

Desa Laha Dorong Pengembangan Potensi Pariwisata

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Laha, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, memanfaatkan kekayaan laut untuk memajukan pariwisata, terutama dibidang selam atau diving. Pemerintah desa juga turut mendorong dan membantu agar pengembangan potensi pariwisata lebih maju dan berkembang.

Memiliki banyak kekayaan dibidang pariwisata membuat Desa Laha memanfaatkan hal tersebut, Misalnya dibidang kelautan. Adanya club diving dan tempat khusus untuk diving menjadi bukti, adanya usaha pemerintah desa setempat untuk memperkenalkan Laha sebagai salah satukawasan yang penuh dengan kekayaan laut dan tidak banyak dimiliki daerah lain.Pemerintah setempat juga berupaya agar bisa mempromosikan lautnya ke kancah nasional bukan saja lokal. Mereka juga akan mendorong masyarakat lewat sosialisasi agar bisa sama-sama membangun pariwisata bidang kelautan ini.

“Laha memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk kemajuan warga sendiri. Salah satu potensi yang ada yaitu kekayaan bawah laut yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pusat penyelaman atau diving. Tentu kita akan dorong lagi agar potensi tersebut bukan saja untuk skala lokal, tapi juga skala nasional. Kami juga punya wisata hutan. Kami juga mendorong warga agar terlibat dengan segala program yang dilakukan, oleh sebab itu sosialisai dan edukasi kepada warga juga diberikan agar paham pentingnya memanfaatkan potensi yang sudah ada,” kata Fahmi Mewar, Sekretaris Desa Laha.

Untuk bisa memperkenalkan kekayaan bawah laut yang ada di Desa Laha, sambungnya, pemerintah setempat mengagas ” Laha Dive Center” yang bergerak dibidang diving. Bukan tanpa alasan ide ini digagas melainkan Laha sendiri memiliki potensi bawah laut yang kaya terutama kelas selam bawah laut. Bahkan pemerintah setempat dengan bangga menyatakan bahwa Laha bisa terhitung dalam 10 besar wilayah yang memiliki potensi laut yang melimpah.

“Kita dorong itu Laha Dive Center jadi itu memang bergerak dibidang pariwisata seperti diving. Karena salah satu spot diving untuk kelas bawah laut ini dimiliki desa Laha. Istilahnya untuk Indonesia, Laha bisa masuk hitungan 10 besar laut yang memiliki potensi untuk kancah lokal sampai nasional. Kami juga berusaha untuk mempublikasikan Laha agar semua orang bisa lebih tau kekayaan bawah laut yang kami miliki,” tambahnya.
Pihaknya, juga membantu membentuk club diving yang terdiri dari anak daerah yang sudah bersertifikat bisa mengajar selam. Selain itu juga mereka membantu dalam penyediaan alat selam yang memang diperlukan. Laut Laha sendiri memiliki banyak kekayaan laut yang langka di Indonesia dan itu sudah diteliti oleh peneliti. Pemerintah juga mengakui bahwa tempat diving yang ada tidak semua milik pemerintah karena ada pengusaha yang memilih berinvestasi dalam negeri.

“Jadi club diving ini sudah berdiri sejak tahun 2018, lalu mereka mengajukan agar kita bisa membantu. Jadi kami sudah adakan kerja sama dengan club diving tersebut karena memang mereka terdiri dari anak-anak negeri. Mereka juga sudah punya potensi dan sertifikat untuk bisa melatih orang makanya kami dorong. Kemarin kita baru bantu dengan memberikan peralatan selam lewat dana desa. Rata-rata pesisir pantai Laha itu berpotensi, saya sudah diskusi dengan Laha Dive Center bahwa diseputaran indul Desa Laha ini memiliki potensi bawah laut yang luar biasa bagus. Sudah ada peneliti yang meneliti laut di Laha dan ditemukan bahwa banyak sekali kekayaan laut yang langka di Indonesia. Sudah ada 4 tempat diving yang bergerak di Laha ini dan salah satunya pemerintah desa berusaha untuk kembangkan, sedangkan sisahnya merupakan milik pengusaha yang berinvestasi didalam negeri,” tutupnya. (MG-1)

Comment