by

Desa Laha Pertahankan Status Zona Hijau

Ambon, BKA- Desa Laha terus berupaya mempertahankan wilayahnya dalam status zona hijau penyebaran covid-19. Berbagai upaya pun dilakukan bersama baik Pemerintah Desa maupun warga. Ketua Tim Koordinasi Kegiatan Sosialisasi, Jobert Frans menyampaikan, belum ditemukan adanya warga positif covid-19, karena warga selalu memperhatikan dan mengikuti protokoler kesehatan yang ada. Selain itu, Pemerintah Negeri juga melakukan upaya pencegahan dengan memberikan sosialisasi penanggulangan covid-19 bagi warga. Sosialisasi yang telah dibuka sejak rabu (5/8/20) ini berlangsung selama empat hari dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kota dan Universittas Pattimura. Sosialisasi dilakukan untuk membentuk tim penanggulangan covid-19 berbasis komunitas.

“Kegiatan yang dilakukan, yaitu sosialisasi untuk konsulidasi dalam pembentukan organisasi tanggap covid-19. Respon warga sejauh ini sangat baik dalam meresponi kegiatan. Dalam kegiatan kami mengajarkan untuk pengelolaan komunitas dalam pandemi, pengelolaan pangan dalam masa pandemi dan pengelolaan kesehatan di masa pandemi covid-19. Jadi agenda ini selama empat hari itu hanya sosialisasi ke warga mengenai pembentukan organisasi. Selanjutnya, akan dilakukan pendampingan didalam masyarakat. Semua kami lakukan agar warga bisa beradaptasi dengan kondisi yang sekarang ini,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi penanggulangan covid-19, Pemerintah Negeri juga melakukan sosialisasi ketahanan pangan dalam upaya memulihkan ekonomi pasca pandemi. Kegiatan ini juga mengajarkan warga bagaimana menjadi tim gugus penanganan pandemi ditingkat RT.

“Jadi memang ada program yang disusun oleh tim yang sudah dibentuk. Kemudian, akan diatur lagi setelah masa konsilidasi selesai dengan langkah penguatan ketahanan pangan untuk pemulihan kembali ekonomi warga pasca pandemi. Kami bersyukur bahwa dari awal adanya covid-19, belum ada laporan warga Laha yang positif covid-19. Jika ada warga yang datang dari luar kami bekerja sama dengan tim gugus tugas untuk mengecek apakah yang bersangkutan positif atau tidak. Dengan adanya kegiatan ini juga saya pikir sangat bagus karena memperpendek tugas tim gugus karena warga juga sudah mengerti cara menangani penyebaran virus ini. Sampai saat ini Alhamdullilah Laha masih dalam psosisi aman,” pungkas Sekretaris Negeri Laha, Fahmi Mewar. (MG-1)

Comment